Semah Laut dari Nelayan Rohil untuk Raih Keberkahan

Ritual-Semah-Laut.jpg
(KLIK TULISAN.COM)

RIAU ONLINE - Masyarakat Indonesia memiliki segudang ritual, mulai dari ritual pernikahan, ritual dalam perdagangan, ritual dalam mencari rejeki dan ritual lainnya.

Ritual adalah kegiatan simbolis dengan tujuan tertentu. Seperti, memenuhi kewajiban terhadap agama, budaya hingga adat-istiadat setempat.

Riau juga memiliki ritual yang berhubungan dengan laut bagi para nelayan. Semah Laut, adalah kegiatan ritual yang dilakukan masyarakat di Kabupaten Rokan Hilir, tepatnya di daerah Panipahan.

Semah Laut dilakukan oleh sekelompok nelayan di bawah pimpinan Bathin. Para nelayan dalam ritual ini mengenakan pakaian khas dengan paduan warna kuning dan hijau. Ritual ini diiringi mantera dalam lagu dengan paduan suara gendang, gong, dan alat musik khas melayu Riau lainnya. Semah Laut juga menampilkan seni bela diri khas Riau.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, ritual semah laut bertujuan untuk mendapat keberkahan dan hasil laut yang melimpah. Mereka meyakini bahwa di laut terdapat makhluk gaib yang harus diusir dengan semah laut.

Ritaul ini rutin dilakukan setiap para nelayan setempat merasa hasil tangkapan mengalami penurunan, seperti dilansir dari Klik Tulisan.com.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline