Aktual, Independen dan Terpercaya

Wow, 196 Nelayan Siak Terima Kartu Asuransi dari Pemkab Siak

Bupati-Siak-Serahkan-Kartu-Asuransi.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/Fakhrur Rodzi)

RIAU ONLINE, SIAK - Jauhari, Nelayan asal Dusun Pematang Enau Kampung Merempan Hilir mengaku sangat terbantu dengan adanya asuransi bagi nelayan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Siak. Ia bersyukur, sebab selama ini keselamatannya belum terperhatikan.

Jauhari mengatakan meski tidak ingin mengalami kecelakaan, namun risiko kecelakaan selalu ada. Terlebih lagi, ia dan kawan-kawannya hanya mengandalkan pengalaman saat melaut.

Pria yang tak muda lagi itu sangat berharap agar program dari pemerintah ini terus berlanjut. Selain itu, ia juga meminta kepada Pemkab Siak agar kegiatan yang dampaknya langsung dirasakan oleh masyarakat semakin banyak.

Baca Juga: Konflik Antar Nelayan Bengkalis Sudah 34 Tahun Tak Usai

Sebelumnya, Bupati Siak Syamsuar, kemarin, Rabu, 1 Maret 2017, menyerahkan Kartu Asuransi bagi keluarga nelayan. Sebanyak 196 nelayan menerima kartu jaminan tersebut di halaman Kantor Penghulu Kampung Merempan Hilir, Kecamatan Menpura.

Menurut Syamsuar, kartu nelayan itu merupakan kartu identitas nelayan, yang diterbitkan oleh Kementerian Kelautan melalui usulan dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Siak.

Ia berharap, nelayan kecil dan nelayan tradisional memiliki jaminan perlindungan atas risiko yang dialami, serta memberikan rasa nyaman dan tentram kepada nelayan dalam berusaha.

Klik Juga: Syamsuar-Harris Mesra Saling Serahkan Aset SD

Selain itu, Syamsuar juga telah mewanti-wanti Jauhari bersama masyarakat yang hadir agar tidak membakar lahan, kemudian menjaga sungai dari pencemaran.

Sementara Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Siak, Susilawati mengatakan, asuransi ini menjamin nelayan atas risiko kematian, cacat tetap, cacat sebagian, biaya perawatan atau pengobatan dan biaya lainnya yang disebabkan oleh kejadian kecelakaan. Kartu tersebut untuk nelayan dari kecamatan Mempura, Siak, Pusako dan Sungai Apit.

Pemerintah Kabupaten Siak, kata Susi, pada 2016 telah melaksanakan identifikasi dan verifikasi nelayan peserta asuransi sebanyak 348 nelayan dari 867 jumlah nelayan se kabupaten Siak.

Lihat Juga: Curhat, Menteri Siti Nurbaya Terima Keluhan Bupati Syamsuar

Namun, dari 348 yang telah diverifikasi baru 196 nelayan yang telah diterbitkan kartunya. Sisanya sebanyak 152 nelayan akan segera diterbitkan pada 2017 ini.

Hari ini diserahkan kartu tersebut untuk kecamatan Siak dan Mempura, sebanyak 64 dan 60 kartu. Menyusul diserahkan untuk kecamatan Pusako dan Sungai Apit sebanyak 13 dan 59 nelayan.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline