Aktual, Independen dan Terpercaya

Polda Jamin Penerimaan Perwira Polisi Jalur Sarjana Sulitkan Calo

Polri.jpg
(INTERNET)
Enoki Mall Pekanbaru Japanese restaurant shabu-shabu, sushi dan Grill

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua panitia seleksi penerimaan calon Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS), Kombes Pol Benny Subandi mengatakan bahwa sangat sulit bagi oknum calo untuk menjalankan aksinya pada penerimaan tahun ajaran 2017 ini.

Ketatnya penerimaan seleksi merupakan salah satu bentuk dari sulitnya oknum calo untuk melakukan tipu daya kepada panitia, peserta bahkan wali untuk menerima jasanya selain dari beberapa penerapan proses lainnya.

"Dalam seleksi penerimaan ini, polisi selalu menerapkan seleksi bersih, transparan dan diawasi oleh pengawas internal maupun eksternal dengan menerapkan one day service yang mana setiap peserta mempunyai peluang yang sama," katanya di ruangan Catur Prasetya Sekolah Polisi Negara (SPN) Pekanbaru, Kamis, 2 Maret 2017.

Baca Juga: Di Depan Orang Tua, Calon Polisi Disumpah Tidak KKN

Untuk prosedur penerimaannya, peserta sebelumnya diwajibkan mendaftarkan diri secara online yang mana pendaftarannya telah dimulai dari tanggal 25 Januari 2017 sampai 1 Maret 2017 silam yang telah berhasil meraih 63 yang diantaranya 49 pria dan 14 wanita dengan 11 prodi yang akan diujikan nantinya.

"Ketika peserta sudah terverifikasi dan sudah terdaftar, maka tentunya mereka memiliki nomor ujian yang secara otomatis diberikan secara online oleh Mabes Polri dan wewenangnya berada pada kita," imbuhnya.

Dari situlah proses administrasi yang dimulai pada saat pendaftaraan dilakukan. Tahap selanjutnya ialah tes seleksi kesehatan yang akan dilakukan hari Sabtu, 4 Maret 2017 yang mana telah sesuai dengan jadwal kesehatan pratama.

Klik Juga: Polda Riau Libatkan LSM Hingga Saber Pungli Dalam Seleksi SIPSS

"Tes pratama itu mencakup seluruh organ tubuh dari peserta yang mana hasilnya akan diketahui peserta sesaat sesudah menjalankan," katanya kembali.

Dilanjutkan dengan tes psikologi dilakukan satu hari sesudahnya yakni, Senin, 6 Maret 2017 dan hasilnya juga dapat diketahui setelah proses berjalan. Dari berbagai tes ini yang dimulai dari password dan soal semuanya dilindungi dengan aman.

"Untuk soal berada di tangan Propam Polda Riau. Sementara untuk password akan diiberikan pada saat itu juga didepan peserta dari Mabes Polri,"tandasnya.

Lihat Juga: Polri Perketat Prosedur Seleksi SIPSS Demi Hindari Calo

Jika peserta lulus dengan nilai minimum 61 tahapan selanjutnya ada pada tes kedua yang meliputi jantung, paru-paru dan laboratorium. Hasilnya akan diberikan ke Mabes Polri untuk menunggu persetujuan kuota yang telah ditetapkan sebanyak 4 orang.

"Tetapi tidak menutup kemungkinan kuota itu bisa bertambah sesuai dengan permintaan dari masing-masing Polda yang ada di Indonesia," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline