Aktual, Independen dan Terpercaya

Guru dan Pelajar, Sulit Cari Rujukan Soal Budaya Melayu? Kunjungi Laman Ini Saja

Website-Lamriau.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)
Enoki Mall Pekanbaru Japanese restaurant shabu-shabu, sushi dan Grill

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Selain memperingati dua tahun kepergian Tenas Effendy, Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau launching website perdananya dengan tujuan sebagai ensiklopedia budaya melayu Riau.

Ketua LAM Riau, Al-Azhar mengatakan banyak masyarakat Riau kesulitan dalam mencari informasi terkait seputar khasanah budaya melayu. Melalui laman ini, masyarakat akan mudah untuk mengakses informasi dan mengenal budaya melayu.

"Web ini sebenarnya inti utamanya adalah maklumat ensikopledia terhadap budaya melayu Riau. Di sini kita mencoba melayani kesulitan untuk mengakses informasi khasanah budaya," katanya di LAM Riau, Selasa, 28 Februari 2017.

Tidak hanya mempermudah pelajar, website ini diharapkan juga bisa menjadi bahan referensi untuk para guru yang banyak mengeluh dan sering mendapatkan laporan mengenai bahan-bahan budaya melayu, Riau. Tambahnya, informasi yang ada di laman ini sudah di verifikasi sehingga dipercaya dan dapat dijadikan sebagai rujukan.

Baca Juga: Dua Tahun Kepergian Tenas Effendy

"Seperti misalnya koba yang merupakan salah satu kesenian hiburan dari melayu, Riau. Ada lagi menumbai orang petalang yang merupakan istilah untuk mengambil madu yang dihasilkan dari lebah. Itu hanya ada di sini," imbuhnya.

Istilah-istilah itu diambil dari sebuah riset yang dicoba ditulis dalam bahasa yang sangat sederhana dan laman ini dapat dimanfaatkan menjadi portal pendidikan kebudayaan melayu Riau.

Bagi masyarakat yang ingin mengunjungi laman ini, silakan masuk ke lamriau.id melalui smartphone ataupun komputer. Anda akan langsung dimanjakan dengan informasi seputar budaya melayu Riau.