Aktual, Independen dan Terpercaya

Ditampar Keras Pensiunan TNI AL, Prabowo: Saya Rindu Tamparannya

Prabowo-Ketum-Gerindra.jpg
(DW.COM/REUTERS)
Enoki Mall Pekanbaru Japanese restaurant shabu-shabu, sushi dan Grill

RIAU ONLINE - Azwar Syam, seorang pensiunan TNI Angkatan Laut (TNI AL) dengan pangkat terakhir kolonel pernah menampar keras pipi Prabowo Subianto saat berkunjung ke Palu, Sulawasi Tengah.

Namun tamparan itu tak membuat mantan Danjen Kopassus itu marah. "Saya rindu dengan tamparannya," kata Prabowo Subianto sambil tersenyum, dilansir dari Tribunnews, Senin, 27 Februari 2017.

Dalam kunjungannya ke Palu, Sabtu, 25 Februari 2017 itu, Prabowo justru bernostalgia bertemu dengan Azwar Syam. Prabowo bahkan, meminta pria tua itu mendaratkan tangannya ke pipi Prabowo.

Azwar Syam adalah pelatih Prabowo saat menempuh pendidikan militer di Akademi Angkatan Bersenjata RI atau Akabri. Prabowo menilai Azwar sebagai pelatih yang paling keras terhadap taruna Akabri saat itu. Di balik kerasnya Azwar Syam, ia ingin menanamkan kedisilpinan kepada para anak didiknya.

Baca Juga: Ketika Prabowo Menampar Perwira Pasukan Elit AS Hingga Tersungkur

Lalu apa yang menyebabkan Azwar menampar Prabowo kala itu?

Saat itu, semua taruna Akabri sedang apel dan satu di antaranya mereka terlambat. Prabowo sebagai komandan regu harus menanggung risiko dan menerima hukuman karena dianggap tak mampu mengurus anak buahnya.

Hukuman demi hukuman selalu diberikan Azwar Syam kepada anak begawan ekonomi Soemitro Djoyohadikusumo, yang sudah terkenal saat itu, termasuk tamparan di wajah. "Tamparan itu bukan hanya sekali-dua kali, tetapi berkali-kali," ujar Azwar mengenang.

Sejak 1980-an, Azwar Syam dipindahtugaskan ke Palu sebagai Komandan Pangkalan TNI AL. Di Sulteng, ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Sospol Provinsi Sulteng. Di bidang politik, Azwar pernah menjabat sebagai Ketua Golkar pada masa Orde Baru.

Klik Juga: Di Bawah Pimpinan Prabowo, Kopassus Latih Pasukan Palestina Hamas

Saat ini, Azwar Syam menjadi tenaga pengajar di Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik Palu. Ia mengajar mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan.

Prabowo yang merupakan Ketua Umum Partai Gerindra, berkunjung kee Palu untuk melantik pengurus DPD Partai Gerindra Sulteng periode 2016-2021. Prabowo juga meresmikan kantor DPD Gerindra yang baru di Jalan Elang, Kecamatan Palu Selatan.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline