Masyarakat Riau Makin Hari Makin Peduli Karhutla

Danrem-Nurendi.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komandan Korem 031 Wirabima sekaligus Komandan Satgas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Provinsi Riau, Brigjen TNI Nurendi mengatakan bahwa masyarakat Provinsi Riau semakin hari semakin peduli terhadap karhutla.

Bahkan menurutnya, masyarakat mau ambil andil dalam pemadaman karhutla yang terjadi di wilayahnya. Hal itu disampaikannya usai berpamitan dengan Danrem sekaligus Dansatgas yang akan menggantikannya, Kolonel Inf Abdul Karim, pada Februari 2017 ini.

"Masyarakat juga sudah banyak perubahan dari tahun-tahun sebelumnya. Beberapa kali ada yang coba membakar lahan masyarakat ikut mencegah, bahkan mereka ikut memadamkan," katanya di Posko Karhutla, Senin, 20 Februari 2017.

Baca Juga: Dansatgas: Masyarakat Disuruh Bakar, Perusahaan yang Kuasai Lahan

Nurendi mengatakan jika pemadaman kebakaran sudah sulit dilakukan oleh masyarakat, maka satgas yang turun tangan untuk memadamkan kebakaran, baik dari udara seperti waterbombing maupun tim yang diturunkan dari darat.

Untuk itu, sebelum kepergiannya hari ini, Selasa, 21 Februari 2017, dirinya mewanti-wanti dan mencegah dengan cara mengevaluasi peristiwa lalu untuk diterapkan di hari ini hingga masa yang akan datang.

"Hal itu seperti memprediksi ke depan seperti apa kondisi sekarang khususnya di wilayah pesisir bagian timur Riau yang mana memang wilayah tersebut zone area yang sulit diprediksi. Kalau pun di wilayah lain turun hujan, di sana belum tentu," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline