Komisi III DPR RI Bercengkrama Bersama Anak-Anak Eks Panti Tunas Bangsa

Tunas-Bangsa1.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)
ombudsman

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tujuh anak korban eks panti asuhan Yayasan Tunas Bangsa tampak lebih ceria saat dikunjungi oleh Komisi XIII DPR RI di Panti Asuhan Sri Mujinab Jalan Sutomo Pekanbaru.

Pada kesempatan ini kunjungan anggota Komisi III itu didampingi Pelaksana Harian (Plh) Sekdaprov Riau yang juga Asisten III Kasiaruddin dan Kapolda Riau Irjend Pol Zulkarnain serta Kepala Dinas Sosial Riau Syarifuddin. Saat ditemui, anak-anak itu tampak asik bermain bersama konseling yang mendampingi mereka.

Menurut Ketua Komisi XIII, Ali Taher, ketujuh anak-anak itu harus terus mendapat pendampingan secara perlahan dari konseling agar rasa trauma yang bisa hilang.

"Karena itu, terus ajak mereka bergembira kemudian kasih edukasi juga," katanya, Kamis, 9 Februari 2017.

Baca Juga: Anak Panti Diajak Makan Ayam Goreng Bongkar Kejahatan Pemilik Tunas Bangsa

Sejumlah anggota Komisi XIII lainnya juga tampak meluahkan dengan bercengkrama bersama anak-anak eks panti asuhan yang dikelola Yayasan Tunas Bangsa tersebut.

Ali Taher juga meminta Dinas Sosial Riau untuk terus meningkatkan pengawasan terhadap panti-panti baik anak-anak maupun jompo di Riau. Harapannya, jangan sampai keberadaan panti yang mengatasnamakan untuk sosial dimanfaatkan demi kepentingan mendapatkan materi.

Kadinsos Riau, Syarifuddin mengatakan akan terus memberikan pendampingan kepada anak-anak itu selalui konseling setiap hari. Hal itu dilakukan bukan sekedar untuk menghilangkan rasa traumatik, namun juga memberikan rasa kepercayaan diri mereka dan perlahan memberikan edukasi melalui permainan dan dongeng.

Klik Juga: Kondisi Panti Tunas Bangsa Sangat Berantakan, Kotor, Tak Manusiawi

"Sepekan lebih dipindahkan ke Sri Mujinab ini keadaan anak-anak secara psikis jauh lebih baik. Hal ini tergambar bagaimana mereka berintraksi sesama mereka mau pun terhadap tamu yang datang," kata Syarifuddin.

Terkait pengawasan terhadap panti-panti di Riau, Syarifuddin mengatakan hal itu menjadi prioritas. Koordinasi bersama Dinas Sosial kabupaten kota juga dilakukan.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline