Aktual, Independen dan Terpercaya


Pemadakaman Kebakaran 4 Rumah di Sukajadi Terkendala Lokasi Padat Pemukiman

Pemadaman-Kebakaran-Rumah.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)
ombudsman

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Bidang (Kabid) pemadam kebakaran (damkar) Kota Pekanbaru Faisal Hendry mengatakan bahwa kendala dalam memadamkan api yang telah melahap empat rumah di Jalan Dahlia Kelurahan Sukajadi Kecamatan Sukajadi adalah sulitnya akses masuk ke lokasi.

Akses masuk bagi kendaraan damkar dihalangi rumah warga yang berdempetan sehingga sulit bagi petugas yang hendak memadamkan api di lokasi.

"Kendala saat memadamkan api yang tadi itu akses masuknya saja yang susah. Sementara untuk memadamkan apinya, anggota sudah menguasai lokasi kok," katanya usai memadamkan api, Rabu, 7 Januari 2017.

Selain dari susahnya akses masuk, proses pendinginan api yang memakan waktu cukup lama menurutnya juga mengakibatkan lamanya waktu pemadaman.

Baca Juga: 4 Rumah Di Sukajadi Dilahap Si Jago Merah Usai Korsleting Listrik

"Kalau untuk memadamkan api dilokasi 20 menit sesudah anggota tiba, api sudah dikuasai kok. Yang susahnya itu pendinginan api karena barang-barang di dalam rumah banyak," imbuhnya.

Hingga akhirnya api yang mulai membesar pukul 10.30 WIB, berhasil di padamkan pukul 11.20 WIB dengan menurunkan 15 mobil pemadam kebakaran.

Diduga akibat dari konsleting arus listrik, empat rumah milik Efi Junita (32), Ramur Ginting (32), Sarjana Pasaribu (45) dan Anto alias Apek (29) ludes dilalap sijago merah.

"Mulanya pas mati lampu itu pak sekitar jam 10.30 WIB. Ketika lampu sudah hidup, api sudah mulai membesar,"katanya di depan usahanya," Rabu, 7 Januari 2017.

Klik Juga: Kebakaran Di Jalan Teratai, Isi Rumah Ketua RW Hangus

Api yang mulai membesar menurut keterangan korban berasal dari dapur rumahnya yang terdapat tabung gas 3 KG dan kompor berbahan minyak tanah.

"Diduga kebakaran ini diakibatkan oleh konsleting arus listrik dari arah dapur. Sementara untuk kerugiannya, masih kita taksir dari korban dan satu lagi, atas kejadian ini tidak terdapat korban jiwa," kata Kapolsek Sukajadi, Kompol Hermawi.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline