Aktual, Independen dan Terpercaya


Inilah Visi Misi Firdaus-Ayat Lima Tahun Lalu. Bagaimana Realisasinya?

Firdaus-dan-Herman-Abdullah.jpg
(INTERNET)
ombudsman

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Lima tahun silam, 2011, pasangan petahana (incumbent) Firdaus-Ayat Cahyadi mencalonkan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pekanbaru. 

Ketika itu, pasangan ini bertarung dengan istri Gubernur Riau Rusli Zainal, bernama Septina Primawati Rusli yang berpasangan dengan Ketua DPD II Golkar Pekanbaru, Erizal Muluk. 

Pada Pemilihan Wali Kota (Pilwako) 2011 lalu tersebut, KPU Pekanbaru meniadakan debat kandidat dengan alasan satu pasangan calon keberatan dengan proses adu argumentasi tersebut. 

Baca Juga: Panwaslu Tegur Firdaus, Lalu Potong Spanduk Berunsur Kampanye

Akhirnya, debat kandidat ditiadakan dan kedua pasangan calon hanya menyerahkan lembaran kertas telah terjilid bernama Visi Misi. 

Visi Pembangunan Kota Pekanbaru yang telah diperdakan di zaman Wali Kota Herman Abdullah adalah Terwujudnya Kota Pekanbaru sebagai Pusat Perdagangan dan Jasa, Pendidikan serta Pusat Kebudayaan Melayu, menuju Masyarakat Sejahtera berlandaskan Iman dan Taqwa. 

Tumpukan Sampah di masa Firdaus Menjabat Wako Pekanbaru

RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA

TUMPUKAN sampah dibiarkan begitu saja tak terangkut petugas kebersihan di tengah kisruh pengelolaan sampah antara Wali Kota Firdaus dengan kontraktor PT Multi Inti Guna (MIG), Rabu, 8 Juni 2016.

Sedangkan Visi diusung Firdaus-Ayat adalah Terwujudnya Pekanbaru sebagai Kota Metropolitan yang Madani. Misi dikedepankan Firdaus-Ayat ketika itu, mengacu pada Visi dan Misi Kota Pekanbaru 2021. Kemudian, pasangan ini mengubah pola strategi disesuaikan dengan perkembangan zaman. 

Lalu apa Misi calon petahana tersebut pada Pilwako 2011 silam? Setidaknya dari data diperoleh RIAUONLINE.CO.ID, ada terdapat enam butir Misi yang akan dijalankan keduanya jika terpilih sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Periode 2012-2017. 

Klik Juga: Pak Firdaus, Kenapa Diganti Kota Bertuah Jadi Kota Madani?

Kini, RIAUONLINE.CO.ID sajikan seperti apa Visi dan Misi Firdaus-Ayat Cahyadi pada 2011 lalu, dan silakan nilai seperti apa realisasiya saat ini. 

1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kompetensi tinggi, bermoral, beriman dan bertaqwa serta mampu bersaing di tingkat lokal, nasional maupun internasional. 

2. Meningkatkan kualitas SDM melalui peningkatan kemampuan/keterampilan tenaga kerja, pembangunan kesehatan, kependudukan dan keluarga sejahtera. 

3. Mewujudkan masyarakat berbudaya Melayu, bermartabat, dan bermarwah yang menjalankan kehidupan beragama, memiliki iman dan takwa, berkeadilan tanpa membedakan satu dengan lainnya serta hidup dalam rukun dan damai. 

4. Meningkatkan infrastruktur daerah baik prasarana jalan, air bersih, energi listrik, penanganan limbah, sesuai dengan kebutuhan daerah terutama infrastruktur pada kwasan industri, pariwisata, serta daerah pinggiran kota. 

5. Mewujudkan penataan ruang dan pemanfaatan lahan yang efektif, dan pelestarian lingkungan hidup mewujudkan pembanguan berkelanjutan. 

6. Meningkatkan perekonomian daerah dan masyarakat dengan meningkatkan investasi bidang industri, perdagangan, jasa dan pemberdayaan ekonomi kerakyatan dengan dukungan fasilitas memadai dan iklim usaha kondusif. 

Lihat Juga: Soal Sampah, Firdaus: Saya Mohon Maaf

Inilah enam butir Misi untuk mewujudkan Visi Firdaus-Ayat Cahyadi selama lima tahun menjabat, 2012-2017. Pilihan kini ada di tangan pemilih di dalam bilik suara, Rabu, 15 Februari 2017 mendatang. 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline