Aktual, Independen dan Terpercaya

Di Sini Ada Polwan Berjaga Saat Salat Jumat Cegah Pencurian Sandal

SATPOL-PP-WANITA.jpg
(INTERNET)
Enoki Mall Pekanbaru Japanese restaurant shabu-shabu, sushi dan Grill

RIAU ONLINE - Personel wanita dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) ditugaskan oleh Pemerintah Kota Bukittinggi Sumatera Barat (Sumbar) untuk melakukan pengawasan saat salat Jumat agar terlaksana dengan nyaman.

Sekretaris Dinas Satpol PP setempat, Syafnir mengatakan seiring adanya penambahan 17 personel wanita, mereka akan mendukung pengawasan di hari Jumat, terutama saat warga muslim melaksanakan salat Jumat.

Syafnir menjelaskan, personel Satpol PP wanita itu akan ditempatkan di masjid-masjid yang ramai untuk mencegah tindakan negatif, seperti pencurian sandal jamaah hingga kendaran yang diparkir di halaman masjid.

Baca Juga: Astaga, Anak Bunuh Ibu Gara-Gara Disuruh Wudu Salat Subuh

Jelang masuk waktu salat Jumat, kata dia, Satpol PP wanita terlebih dahulu berpatrolo, terutama di lokasi keramaian untuk mengingatkan warga laki-laki muslim bahwa waktu salat Jumat telah masuk.

"Sambil berpatroli, mereka memberi imbauan agar warga segera menghentikan aktivitas sementara waktu dan melaksanakan kewajiban sebagai muslim," ujarnya, dikutip dari Kompas.com, Selasa, 31 Januari 2017.

Pengawasan khusus Jumat itu mencakup pengawasan anak sekolah yang mengenakan seragam namun berada di warung-warung maupun lokasi lain ketika jam pelajaran dan saat telah masuk waktu salat Jumat.

Pada 2017, ia menyebutkan pemerintah setempat meningkatkan pengawasan di tengah masyarakat untuk meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan daerah.

Klik Juga: Wow, Ulama Ini Nikahi Lebih Dari 100 Wanita

Pengawasan dan patroli dilakukan oleh tiga tim setiap hari yang bekerja dalam bentuk shif dan didukung Tim Satuan Kerja Keamanan Ketertiban Kota (SK4).

"Pada 2016 pengawasan hanya dilakukan oleh dua tim. Kami harap peningkatan pengawasan ini akan meminimalkan tindakan pelanggaran terhadap peraturan daerah dan seiring itu meningkatkan kepatuhan warga," katanya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline