Panti Tunas Bangsa Ditutup, 19 Penghuni Dievakuasi

Evakuasi-Panti.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Setelah menunggu selama tiga jam, Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Provinsi Riau, Dinas Sosial Provinsi Riau dan Dinas Kesehatan Provinsi Riau akhirmya berhasil mengevakuasi 19 pasien jompo dan gangguan jiwa dari Yayasan Tunas Bangsa.

Pasien jompo itu akan ditempatkan di rumah jompo di Provinsi Riau. Sementara untuk 13 orang yang menderita gangguan jiwa, akan dilarikan ke Rumah Sakit Jiwa Tampan, Pekanbaru.

Evakuasi dilakukan setelah Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Provinsi Riau menyambangi lokasi yang berada di panti asuhan Yayasan Tunas Bangsa khusus penderita jompo dan orang gila Jalan Lintas Timur Km 20 Hang Tuah Ujung.

Baca Juga: Yayasan Tunas Bangsa, Tampung Orang Gila Tapi Tak Dirawat

"Kita bersama-sama akan menutup tempat ini dan untuk semua penghuni di sini dipindahkan ke panti jompo dan rumah sakit jiwa," katanya di lokasi, Minggu, 29 Januari 2016.

Hal ini diutarakan karena menyaksikan secara langsung bagaimana mereka diperlakukan oleh pihak yayasan meskipun ini bukan lagi di bawah ranah mereka.

"Disini kehidupannya sangat tidak layak. Air minum bersama wc satu kamar, tidak bersih, makan tidak teratur, gizi buruk dan ada dari mereka sempat mengatakan ingin keluar, menyedihkan sekali," imbuhnya.

Klik Juga: 2 Anak Panti Asuhan Tunas Bangsa Dijemput Dinsos Riau

Sementara Rozita, pemerhati kesehatan yang ikut juga menyaksikan secara langsung bagaimana mereka hidup di lokasi prihatin dan mengutuk pemilik yayasan kenapa bisa melakukan hal ini terhadap para lansia dan penderita gangguan jiwa.

"Untuk perilaku hidup bersih dan sehat tidak tersedia disini. Seperti air bersih yang tidak sehat, makanan tidak layak bergabung dengan jamban yang dekat dengan tempat tidur. Ini sungguh tidak layak, sekali" tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline