Aktual, Independen dan Terpercaya

RAPP Klaim Sudah Pasang Kamera Trap di Lahan Konsesinya

Karhutla1.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/SUSILO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kabar penegasan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman untuk segera memasukkan poin kewajiban korporasi dalam memasang kamera pemgawas atau kamera trap di lahan konsesinya pada Pergub Nomor 5 Tahun 2015, ditanggapi oleh manajemen PT RAPP.

Humas PT RAPP, Djarot mengungkapkan akan mematuhi regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai pemberi izin pengelolaan.

"Perusahaan akan senantiasa patuh pada peraturan yang berlaku. Adapun terkait rencana peraturan tersebut, perusahaan akan patuh kepada ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah," kata Djarot kepada RIAUONLINE.CO.ID, Rabu, 25 Januari 2017.

Baca Juga: Korporasi Wajib Pasang Kamera Pengawas Lahan, Gubri: Himbauan Presiden

Djarot bahkan menyebutkan bahwa RAPP pada area konservasi, pihaknya sudah memasang lebih dari 240 camera trap di area tersebut. Lalu untuk pemasangan CCTV, perusahaan juga telah mengimplementasikannya di beberapa area sesuai arahan pemangku kepentingan.

"Kita sudah memasang ini sejak sebelum Pak Gubernur mengimbau perusahaan untuk melakukan pemasangan kamera di lahannya," sebutnya.

Untuk lokasi pemasangan, RAPP yang merupakan anak perusahaan dari APRIL Grup, telah memasang kamera trap di area konservasi pada sektor lahan restorasi ekosistem Riau di semenanjung kampar. "Untuk CCTV kita implementasikan di Pulau Padang," tandasnya.

Klik Juga: Gubri Minta Korporasi Pasang Kamera Di Lahan Konsesi

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman meminta kepada korporasi untuk memasang kamera CCTV atau kamera Trap di lahan konsesi mereka yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Pemasangan kamera trap ini dianggap wajib dilakukan oleh korporasi untuk mengetahui secara langsung kondisi lahan yang ada di konsesi mereka. Ini juga memudahkan pengawasan secara langsung dan menekan potensi karhutla.

"Kita akan revisi pergubnya segera. Karena ada beberapa poin penting yang harus dimasukkan sesuai intruksi Pak Presiden, termasuk kamera CCTV itu," kata gubernur yang akrab disapa Andi Rachman.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline