141 TKI dari Malaysia Ditemukan dalam Kondisi Lemah di KM Bahtera

TKI.jpg
(OKEZONE/BANDA HARUDDIN)
ombudsman

RIAU ONLINE - Ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia ditemukan dalam kondisi lemah di dalam Kapal Motor (KM) Bahtera oleh Pihak Bea Cukai Dumai.

Kapala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Dumai, Efrizon mengatakan, pihaknya langsung melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan para TKI itu saat dihubungi pihak bea cukai.

Efrizon menyebutkan, TKI yang diamankan bea cukai sebanyak 141 orang. Dua orang diantaranya dalam kondisi hamil.

"Jumlah TKI yang diamankan bea cukai berjumlah 141 orang. Sebagian kondisi yang lemah bahkan ada dua orang yang hamil. Jam 2 dini hari tadi kita melakukan tindakan medis untuk memulihkan kesehatan mereka," ujar Efrizon, dikutip dari Okezone, Sabtu, 21 Januari 2017.

Baca Juga: Pemuda Yang Hilang Di Sungai Indragiri, Diduga Jatuh Tersambar Petir

TKI yang diamankan itu, papar dia, terdiri dari 30 orang perempuan, 109 laki-laki dan dua anak-anak. Ratusan TKI itu diamankan pihak bea cukai di Perairan Sinaboi, Kabupaten Rohil, Jumat, 20 Januari 2017. Saat itu, petugas tengah melakukan patroli laut. Selanjutnya dibawa ke Dumai.

Menurut pengakuan TKI, mereka berangkat dari Port Klang Malaysia hendak kembali ke tanah air melalui Pelabuhan Tanjung Balai Asahan, Sumatera Utara.

"Mereka berasal dari berbagai daerah yakni Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Lampung dan Pulau Jawa. Setelah dilakukan observasi kita nyatakan tidak ada penyakit yang berbahaya, para TKI hanya kelelahan. Untuk prosesnya ditangani pihak Bea Cukai," tukasnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline