Aktual, Independen dan Terpercaya


Jika Tak Terima Suap, Kapolda: Jangan Takut Praperadilan

Kapolda-Riau.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain mengatakan di depan 400 penyidik agar tidak perlu khawatir ketika menghadapi praperadilan dalam pengusutan kasus yang sebelumnya telah diselidiki. Menurutnya, penyidik tidak perlu khawatir jika telah mengikuti prosedur dan tidak melakukan kesalahan seperti menerima suap.

"Untuk membuat terang suatu perkara dan hindari dari segala bentuk suap, para penyidik yang ada di Polda Riau tidak usah risau dalam menghadapi praperadilan nantinya," katanya di Hotel Grand Central, Kamis, 19 Januari 2016.

Selain itu, Kapolda juga mengatakan praperadilan itu merupakan hal yang biasa dalam suatu hukum yang ada di Indonesia untuk memeriksa dan memutus suatu tindakan sah atau tidaknya suatu penangkapan dan penahanan dari tersangka atau keluarganya.

Baca Juga: Geram, Kapolda Riau Imbau Masyarakat Tak Halangi Pemberantasan Ilog

Untuk itu Kapolda mengimbau para penyidik untuk meningkatkan profesionalisme dan harus bisa bekerja secara transparan, akuntabel dan modern.

"Juga dalam rangka pelayanan kasus kepada masyarakat harus dilakukan dengan cara yang benar-benar transparan. Karena apa, komplain itu yang banyak ada di reserse," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline