Aktual, Independen dan Terpercaya

Tiga Pelaku Pencurian Rp900 Juta Diringkus di Tiga Kota Berbeda

Pelaku-Pencurian-Uang.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)
Enoki Mall Pekanbaru Japanese restaurant shabu-shabu, sushi dan Grill

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tiga dari empat pelaku pencurian rumah kosong milik Adi Subriandi yang berada di Jalan Singgalang 5 Blok D nomor 3 Perum Tiara Residen berhasil diamankan polisi setelah tersangka sempat berpencar dan kabur. Pelaku adalah TD, DL dan A dan HP yang berperan sebagai otak atas peristiwa itu.

Awalnya A yang dikomandoi oleh HP kesehariannya sudah bekerja selama delapan bulan di rumah korban berperan sebagai mata-mata sekaligus pemberi sinyal kepada teman-temannya untuk dapat menjalankan aksi pencurian itu.

"Setelah mendapatkan informasi dari A, DL yang berperan sebagai perencana memulai kerjanya agar nantinya rencana mereka dapat berjalan dengan mulus," kata Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo, Selasa, 17 Januari 2016.

Baca Juga: Kepergok Pesta Narkoba, Empat Pria Ini Nekat Lompat Dari Lantai Empat Hotel

Usai merencanakan, giliran TD yang mengeksekusi rumah tersebut. Rencana dimulai ketika rumah dalam keadaan sepi, Sabtu, 17 Desember 2016 pukul 01. 00 WIB, berjalan dengan lancar.

Mereka berhasil menjarah uang tunai sebesar Rp 900 juta dan barang-barang berharga, diantaranya telepon genggam dan laptop. Setelah berhasil mereka menginap di sebuah hotel di Pekanbaru untuk membagi hasi pekerjaan mereka.

"Dari keterangan ketiga orang itu, A mendapatkan Rp 55 juta, TD Rp 185 Juta, DL Rp 135 juta dan sisanya masih dipegang oleh HP yang kini dalam pengejaran," katanya.

Setelah peristiwa itu, polisi melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan tersangka TP yang tengah berada di Bandara Hang Nadim, Batam, Rabu, 4 Januari 2017 pukul 13.00 WIB.

Juga: Laki-Laki Setengah Abad Ini Nekad Jual Sabu-Sabu

Dilanjutkan dengan penangkapan A, Jumat, 6 Januari 2016 di rumah orang tua HP di Harapan Raya, Jalan Seroja Indah dan DL berhasil diamankan di Jalan Pelangi, Medan di rumah orang tua angkat nya.

"Untuk selanjutnya ketiga tersangka dan barang bukti langsung diamankan ke Polda Riau untuk pengembangan lebih lanjut," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline