Gempa di Sumut Tak Ganggu Penerbangan Pekanbaru-Medan

Bandara-SSK-II-Pekanbaru2.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ZUHDY FEBRIYANTO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gempa bumi yang mengguncang Sumatera Utara khususnya Deli Serdang dan Kota Medan, tidak mengganggu penerbangan dari Medan-Pekanbaru ataupun sebaliknya.

Manager Duty Officer Bandara SSK II Pekanbaru, Bambang Setiawan mengatakan, gempa berkekuatan 5.6 SR tadi malam dan 4.0 SR pagi tadi, Selasa, 17 Januari 2017 hanya mengakibatkan pnerbangan di Bandara Kualanamu, Medan mengalami sedikit gelombang pada ujung runway.

"Kualanamu pasca gempa tadi malam, Threshold atau ujung runway di 05 sedikit bergelombang, dan tidak berpengaruh terhadap penerbangan," katanya di Pekanbaru, Selasa, 17 Januari 2016.

Baca Juga: Gempa Berkekuatan 4.0 SR Kembali Guncang Sumatera Utara

Menurut Bambang, runway yang akan digunakan untuk melintas baik take off ataupun landing bukan menggunakan runway 05, tetapi menggunakan runway 23. Hal ini terjadi saat maskapai City Link nomor penerbangan QG 978 yang berhasil landing pukul 08.55 WIB tadi di Bandara SSK II Pekanbaru dari Bandara Kualanamu Medan sesuai schedule

Sebelumnya, gempabumi kembali mengguncang wilayah Sumatera Utara dengan kekuatan 4.0 SR pada pukul 08.11 WIB, Selasa, 17 Januari 2017. Analisis pendahuluan BMKG menunjukkan bahwa episenter gempa berada pada koordinat 3.30 LU dan 98,46 BT, tepatnya di darat pada jarak 29 km arah barat daya Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara di kedalaman 25 km.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline