Wow, China Bangun Jembatan Tertinggi di Dunia, Seakan-akan di Atas Awan

Jembatan-Tertinggi-di-Dunia-Ada-di-China.jpg
(GETTY IMAGES/AFP)
Enoki Mall Pekanbaru Japanese restaurant shabu-shabu, sushi dan Grill

RIAU ONLINE - China kembali menorehkan prestasi luar biasa di dunia konstruksi. Usai menciptakan jembatan kaca terpanjang di dunia, kini negeri Tirai Bambang itu memiliki jembatan yang diklaim sebagai jembatan tertinggi di dunia.

Jembatan tersebut memiliki tinggi mencapai 565 meter di atas lembah Beipanjiang dengan ketinggian 1.341 meter dan lebar 720 meter atau setara dengan 200 lantai sebuah gedung. 

Namun, jembatan tertinggi jika diukur dari jembatan ke tanah atau sungai, jembatan di China memang tampak paling tinggi. Namun, gelar jembatan tertinggi diukur dari ketinggian struktur masih digenggam jembatan Millau Viaduct, Prancis, berketinggian 343 meter. 

Baca Juga: Impor Riau Menurun, Impor Tiongkok Malah Naik

Jembatan ini dibangun, dilansir dari dw.com, di atas pegunungan terjal dan dikelilingi jurang dan diresmikan jelang penghujung tahun 2016. Pembangunannya menggunakan insinyur dan pekerja dalam negeri dan dimulai sejak 2013.

China Miliki Jembatan Tertinggi di Dunia

JEMBATAN tertinggi di dunia ini dibangun di atas pegunungan terjal dan dikelilingi jurang, di China. Jembatan tersebut tingginya 565 meter di atas lembah Beipanjiang atau setara dengan bangunan gedung 200 lantai.

Para insinyur dan pekerja sempat mengalami hambatan dalam bekerja, akibat angin kencang. Jembata tersebut juga terintegrasi dalam wilayah lainnya menghubungkan Provinsi Yunnan dan Guizhou, serta menjadi bagian dari jaringan jalan raya.

China Bangun Jembatan Tertinggi di Dunia

JEMBATAN ini menghubungkan Provinsi Yunnan dan Guizhou, dan menjadi bagian dari jaringan jalan raya terintegrasi ke dalam jaringan regional di barat daya Cina, hingga meliputi Sichuan.

Jalan ini terintegrasi ke dalam jaringan regional di barat daya China, hingga meliputi Sichuan. Dengan dibangun dan diresmikannya jembatan tertinggi tersebut, maka jarak tempuh dari satu lokasi ke lokasi lain menjadi lebih pendek.

Klik Juga: Mbah Gotho, Orang Indonesia Manusia Tertua Di Dunia

Tak hanya memotong jarak tempuh, juga mengurangi sekitar tiga perempat dari waktu perjalanan biasanya. Misalnya, dari Kota Liupanshui ke Xuanwei, tadinya membutuhkan waktu lima jam, dengan adanya jembatan ini, menjadi hanya dua jam saja. 

Hemat Waktu Berjam-jam

JEMBATAN tertinggi di dunia yang ada di China mengurangi sekitar tiga perempat dari waktu perjalanan biasanya. Misalnya, dari Kota Liupanshui ke Xuanwei tadinya butuhkan waktu lima jam, kini dua jam saja.

 

Biaya pembangunan jembatan tersebut menelan ongkos sekitar satu miliar Yuan atau setara hampir Rp 2 Triliun. 

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline