Aktual, Independen dan Terpercaya

Daerah Ini Tercatat Paling Miskin di Riau

ILUSTRASI-MISKIN.jpg
(DILIPUTNEWS.COM)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau mencatat Kabupaten Kepulauan Meranti menjadi kabuaten paling miskin di Riau. Hal tersebut disebabkan rendahnya tingkat perekonomian daerah di sana hampir di segala bidang.

 

Besaran jumlah penduduk miskin di kabupaten tersebut mencapai 30 persen dari total jumlah penduduk yang ada. Jumlah tersebut hampir sama dengan jumlah penduduk miskin di salah satu kabupaten di Papua yang mencapai 93 persen.

 

"Kalau di Papua persentasenya segitu, tapi kan penduduk di sana tak banyak. Jumlahnya hampir sama dengan penduduk miskin di Kepulauan Meranti," kata Kepala BPS Riau Aden Gultom, Selasa, 3 Januari 2017.

Baca Juga: Jumlah Penduduk Miskin Di Riau Bertambah 64 Ribu Jiwa

 

Namun besaran tersebut tak begitu berpengaruh pada tingkat perekonomian provinsi yang masih bergerak stabil. Alasannya, jumlah penduduk Kepulauan Meranti tak begitu banyak sehingga tak pengaruhi ekonomi tingkat makro.

 

Sedangkan jumlah penduduk miskin terbanyak di Riau, menurut BPS sebarannya berada di Kota Pekanbaru. Namun BPS sendiri tak bisa mencatat jumlah pasti penduduk miskin yang ada di Pekanbaru.

 

"Penduduk miskin itu sebarannya selalu terkonsentrasi di daerah perkotaan. Pekanbaru itu pusat kota, seperti laron yang menuju sumber cahaya," tandas Aden.

Klik Juga: Miris, Inilah Surat Kekecewaan Bocah Miskin Penderita Tumor Untuk Menkes

 

Jumlah penduduk miskin di Provinsi Riau hingga bulan September 2016 mencapai angka 501,59 ribu jiwa atau sebesar 7,67 persen dari total penduduk masyarakat Riau. Jika dibandingkan dengan penduduk miskin pada September 2015 lalu berjumlah 562,92 ribu jiwa atau 8,82 persen.

 

"Ada penurunan 61 ribu lebih penduduk miskin dalam setahun terakhir," tandas Aden.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline