Aktual, Independen dan Terpercaya

Liburan Akhir Tahun 2016, Peminat Penerbangan Malah Turun

Arus-Mudik-di-Bandara-SSK-II-Pekanbaru1.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/SUCI AULYA)
Enoki Mall Pekanbaru Japanese restaurant shabu-shabu, sushi dan Grill

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Mobilisasi penumpang di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru pada liburan akhir tahun 2016 ini tak menunjukkan peningkatan seperti tahun sebelumnya. Data bandara menunjukkan minat bepergian warga Riau malah menurun.

 

Airport Duty Manager SSK II, Bambang Setiawan mengatakan tahun 2016 ini terlihat penurunan jumlah penumpang penerbangan sebesar 9,44 persen dibandingkan dengan tahun 2015 lalu.

 

Selasa, 27 Desember 2016 lalu jika dibandingkan dengan waktu yang sama tahun 2015 lalu jumlah penumpang baik yang berangkat dan datang di Bandara SSK II mencapai 10,891 ribu orang. Sedangkan tahun 2016 ini hanya 10,768 ribu orang.

 

"Ada penurunan signifikan baik pada penumpang yang berangkat atau yang datang di bandara SSK II. Jumlah maskapai yang melayani penerbangan juga mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun lalu," kata Bambang, Kamis, 29 Desember 2016.

Baca Juga: Bandara SSK II Belum akan Pindah Hingga 25 Tahun Mendatang

 

Data tersebut dihitung karena menurut Dinas Perhubungan merupakan waktu puncak arus balik libur Natal 2016. Padahal, jika dihitung tren tiap tahunnya, angkutan udara mengalami kenaikan terus menerus sebanyak 3,14 persen.

 

"Untuk angkutan lain terus mengalami penurunan. Hanya penerbangan yang trennya terus naik. Tapi tahun ini memang ada penurunan," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Rahmad Rahim.

 

Penurunan ini ditengarai disebabkan oleh turunnya tingkat daya beli masyarakat menyusul belum stabilnya perekonomian tingkat makro.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline