Aktual, Independen dan Terpercaya

Wah, Pertama Kali Kunjungi Siak, Pejabat KLHK Ini Sudah Jatuh Cinta

Kesultanan-Siak-Sri-Inderapura.jpg
(WIKIPEDIA)

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, SIAK - Pertama kali menginjakkan kaki ke Kabupaten Siak, Erna Rosdiana, Direktur Kemitraan Lingkungan pada Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (Ditjen PSKL) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) langsung jatuh cinta terhadap daerah ini.

 

Selain memiliki bentuk wilayah berbeda dengan budaya melayu yang begitu kental, dirinya juga kagum dengan kepemerintahan Bupati yang dipimpin oleh Syamsuar ini.

 

"KLHK sangat support dengan inisiatif yang dipaparkan oleh asisten I tadi, Fauzi. Ini bisa dijadikan contoh oleh Kabupaten-Kabupaten lain yang ada di Provinsi Riau. Visinya yang jelas disampaikan tadi mengenai upaya untuk menjadi Kabupaten hijau oleh pak asisten dapat dengan jelas diterima," katanya di Siak, Rabu, 27 Desember 2016

Baca Juga: Pemkab Siak Klaim Sebagai Kabupaten Pro Lingkungan

 

Selain itu, menurutnya pemimpin di daerah ini melakukan aktivitasnya dengan cara yang dapat diterima oleh masyarakat Kabupaten Siak melalui pendekatan-pendekatan yang langsung menyentuh.‎

 

"Saya melihat itu bukan hanya ada sebuah pendekatan teknis atau operasionalnya saja. Tetapi juga ada di dalamnya sentuhan hati kepada masyarakat. Itu penting menurut saya," tandasnya.

 

Sehingga dengan pola yang diterapkan seperti itu dirinya yakin dengan upaya Kabupaten ini dalam mewujudkan visi menjadi Kabupaten hijau akan terlaksana.

Klik Juga: KLHK Jadikan Perhutanan Sosial Peluang Peningkatan Ekonomi

 

"Ini benar-benar menjadi sebuah Kabupaten yang berbasis budaya lokal dengan sentuhan budaya lokalnya. Juga pemerintahan yang berbasis masyarakat sehingga nantinya mereka akan tumbuh dengan masyarakatnya tadi," katanya.

 

Ia berharap daerah lainnya dapat mencontoh Kabupaten Siak. "Kalau melihat contoh baik itu siapa yang tidak mau. Penataan kota ini sudah baik sekali berbasis kepada budayanya. Seperti cat warna hijau dan kuning yang itu memang melayu betul. Itu yang saya apresiasi," tutupnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline