Aktual, Independen dan Terpercaya

Awal 2017, Riau Ajukan Pinjaman 4 Heli ke Pusat

Helikopter-Mi-8-Lakukan-Water-Bombing.jpg
(TIMSATGAS KARHUTLA FOR RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengatakan pada awal tahun 2017 mendatang, Riau akan meminta bantuan heli pada pemerintah pusat untuk operasional pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Permintaan ini dilakukan mengingat kondisi geografis Riau yang luas dan sulit dijangkau melalui darat.

 

"Yang jelas pada awal tahun 2017 nanti kita akan butuh heli pada awal tahun untuk kegiatan pencegahan kita di daerah," kata Arsyadjuliandi, Selasa, 27 Desember 2016.

 

Permintaan tersebut senada dengan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger. Menurut Edwar, pemerintah provinsi Riau, lewat BPBD akan mengusulkan peminjaman pesawat dan heli pada awal tqhun 2017.

Baca Juga: Sepanjang 2016 Polisi Tetapkan 85 Tersangka Karhutla Riau

 

Peminjaman yang akan diusulkan minimal 4 unit yakni dua buah heli bombing, satu unit heli patroli dan satu unit pesawat cassa yang digunakan untuk operasi Teknik Modifikasi Cuaca (TMC).

 

"Paling tidak di Januari nanti kita sudah koordinasikan dan minta peminjaman ke pusat," kata Edwar.

 

Peminjaman heli menurut Tim Satgas sendiri sangat penting dalam mendukung kegiatan pencegahan dan pemadaman karhutla. Karena selama ini Satgas udara merupakan satgas andalan dalam operasi pencegahan dan pemadaman api di seluruh daerah Riau

Klik Juga: Prajurit TNI Hilang saat Padamkan Karhutla di Rohil, Warga: Daerah Karhutla Angker

 

"Kelebihan dari heli ini kita bisa mengakses lokasi-lokasi terpencil yang tak terjangkau oleh satgas darat. Satgas darat juga sering kesulitan menjangkau sumber air yang jaraknya jauh dari titik kebakaran," jelas Edwar.

 

Pada tahun 2016, Riau juga mendapat bantuan pinjaman heli dari pusat. Pinjaman heli tersubut dimaksimalkan untuk kegiatan water boombing dan patroli di daerah-daerah yang terpantau titik panas atau hotspot oleh BMKG.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline