Aktual, Independen dan Terpercaya

Tingkat Isian Pesawat Garuda 90 Persen saat Libur Natal, Sekolah dan Cuti Bersama

Pesawat-Garuda-Indonesia.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Libur sekolah, Natal dilanjutkan dengan cuti bersama, mempengaruhi persentase tingkat isian maskapai penerbangan. Untuk Garuda Indonesia, Jakarta tetap menjadi dengan isian kursi penumpang terbanyak. 

 

General Manager Garuda Indonesia Pekanbaru, Revki Riyantori, mengatakan, isian pesawat rata-rata di atas 90 persen. Puncaknya, Jumat-Sabtu, 23-24 Desember 2016 lalu. 

 

"Hari ini kembali normal (tingkat isian pesawat). Ini pengaruh Natal, libur sekolah serta Cuti Bersama esok hari," kata Revki kepada RIAUONLINE.CO.ID, Minggu, 25 Desember 2016. 

 

Ia menjelaskan, peningkatan tersebut naik dibandingkan tahun 2015 silam sejumlah 2,6 persen. Revki memperkirakan, puncak arus balik libur sekolah dan tahun baru terjadi pada tanggal 2 dan 3 Januari 2017 mendatang. 

 

Baca Juga: Arus Mudik 2016, Garuda Indonesia Gandeng Agung Auto Mall

 

Sementara itu, pengamatan RIAUONLINE.CO.ID, Sabtu, 24 Desember 2016, lonjakan penumpang di Bandar Udara Sultan Sultan Syarif Kasim (SSK) II 7 persen dibandingkan dengan hari-hari biasanya. 

 

 

"Untuk puncak arus liburan di SSK, terjadi pada Kamis lalu (22 Desember 2016), atau tiga hari jelang Natal. Setelah itu, jumlahnya relatif menurun sekitar dua ribuan," kata Airport Duty Manager SSK II, Bambang Setiawan. 

 

Pada Kamis, 22 Desember 2016 lalu, jumlah penumpang pesawat baik yang berangkatan dan datangan sejumlah 13.223 ribu orang. Jumlah tersebut mengisi 93 persen kursi dari seluruh kursi disiapkan maskapai penerbangan. 

 

Jika dibandingkan dengan H-3 tahun lalu, jumlah ini naik sekitar 9,82 persen yang hanya 11,941 ribu orang. "Meski begitu, bisa jadi hari ini ada kenaikan signifikan pada jumlah penumpang pesawat mengingat ini akhir pekan," jelas Bambang.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline