Rieke Diah Pitaloka: Riau Miliki Potensi Sumber Daya, Tapi Minim Pengolahan

Rieke-Diah-Pitaloka.jpg
(TEMPO.CO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Rieke Diah Pitaloka mengatakan Riau memiliki cukup banyak sumber daya alam mulai dari sektor perkebunan hingga pertambangan. Potensi tersebut membuat Riau memiliki potensi yang besar menjadi wilayah industri yang kuat.

 

Namun dirinya menyayangkan dengan adanya pasokan sumber daya alam yang cukup, Riau ternyata tak banyak bisa mengelola sumber daya tersebut secara mandiri sehingga tak banyak hasil produksi jadi yang dimiliki oleh pemerintah.

 

"Seperti wilayah perkebunan, Riau memiliki banyak sekali perkebunan sawit tapi tak memiliki industri yang mengelola CPO menjadi minyak goreng siap pakai atau hasil jadi lainnya dari CPO," kata Rieke ketika berada di Pekanbaru, Senin, 19 Desember 2016.

Baca Juga: Pemprov Riau Berambisi Wujudkan 7 Miracle of Lipat Kain, Apa Itu?

 

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman meminta kepada DPR RI untuk mendukung pembangunan Riau dengan mendukung perkembangan industri dalam negeri untuk mengungari ekspor CPO sehingga dapat dikelola dalam negeri.

 

Dirinya menghitung bahwa jika Riau memiliki industri pengolah CPO, dirinya yakin bahwa hasil olahan CPO Riau dapat bersaing dengan produk ekpor yang selama ini mendominasi pasar global.

 

"Jumlah ekspor CPO kita lebih besar dari pada yang bisa kita kelola, makanya kita perlu dukungan dari pusat untuk mendorong pembangunan industri pengolah CPO supaya industri jadi kita bisa maju," terangnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline