Akui Perubahan dan Kinerja 2016, Warta Ekonomi Berikan Penghargaan ke BRK

BRK-Terima-Penghargaan-dari-Warta-Ekonomi.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FAKHRURRODZI)

RIAU ONLINE, JAKARTA - Penghujung akhir tahun 2016, Bank Riaukepri kembali memperoleh pengakuan nasional dari lembaga terpercaya di bidangnya. Kali ini, media khusus ekonomi, Warta Ekonomi, memberikan pengakuan apa telah dilakukan bank kepercayaan masyarakat Riau dan Kepri tersebut. 

 

Warta Ekonomi memberikan penghargaan untuk The Winner of Best Banking Brand 2016 for Best Digital Title untuk kategori Bank Pembangunan Daerah, Jumat malam, 16 Desember 2016, di Pullman Hotel, Jalan MH Thamrin, Jakarta. 

 

Kepada RIAUONLINE.CO.ID, secara khusus Direktur Utama Bank Riaukepri, Irvandi Gustari mengatakan, ini bentuk apresiasi dari publik atas kinerja telah dilakukan selama ini yang mengakui perubahan dan pembenahan dilakukan sudah terlihat menuju ke arah positif dalam waktu relatif singkat. 

 

"Ini wujud hasil komitmen dari segenap jajaran di Bank Riaukepri, mulai komisaris, direksi, pimpinan divisi, cabang, serta seluruh pegawai yang telah berkomitmen memajukan bank kebanggaan kita semua ini," kata Irvandi dengan raut muka berseri-seri usai menerima penghargaan tersebut. 

 

Anak Wali Kota Pekanbaru Periode 1981-1986 ini mengatakan, selain internal, pencapaian kinerja selama tahun 2016 ini juga tak terlepas dari peran para pemegang saham. Ia menjelaskan, para pemegang saham sangat besar mendorong guna mewujudkan perubahan di Bank Riaukperi menuju kelas bank nasional.

 

"Tak kalah pentingnya para insan media juga selalu mendukung pengembangan di Bank Riau Kepri dalam segala aspek," kata peraih gelar doktor ini sambil merendahkan diri. 

 

Pengakuan berupa pemberian penghargaan atas pencapaian kinerja yang telah dilakukan selama setahun ini di bawah kepemimpinan Irvandi, di luar prediksi banyak orang. Catatan RIAUONLINE.CO.ID, hingga kemarin, sudah 38 penghargaan diterima Bank Riaukepri. 

 

Irvandi tak menerima seorang diri penghargaan dari Warta Ekonomi ini. Ia datang bersama-sama dengan Komisaris Utama Bank Riaukepri, Raja Mambang Mit, Pemimpin Divisi Perencanaan Tengku Irawan, Pemimpin Divisi Produk Dana dan Jasa Andi Mulya, Pemimpin Divsi Syariah Syahrul, dan Pemimpin Desk Corporate Secretary BRK, Winovri. 

 

Warta Ekonomi bukan tahun ini saja memberikan penghargaan kepada perbankan berprestasi. Indonesia Best Bank Brand Award 2016 ini, tutur Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi, Muhammad Ikhsan, BPD Riaukepri layak menerimanya. 

 

"Bank penerima, termasuk Bank Pembangunan Daerah (Riaukepri) dipilih karena reputasinya, brand yang telah terjaga dan terbentuk selama ini. Itu dasar penilaian kita selain survei dan wawancara mendalam kita lakukan," kata Ikhsan saat memberikan sambutan. 

 

Ia menjelaskan, selain berkinerja baik, perbankan penerima dimata konsumen dianggap telah memberikan produk dan pelayanan prima. Tak hanya itu, perjalanan bank, teknologi, reputasi, dan strategi juga menaikkan reputasi bank tersebut. 

 

Ikhsan menjelaskan, kenapa Bank Riaukepri layak menerima penghargaan tersebut? Tim Riset Warta Ekonomi melakukan penelusuran menggunakan metode desk research. Kandidat ditentukan berdasarkan laporan tahunan dan pantauan serta reputasi telah didapatkan oleh bank selama ini.

 

"Hasil desk research sebagai riset kualitatif inilah kemudian menjadi bahan awal untuk riset kuantitatif selanjutnya. Kriteria-kriteria yang digali dalam desk research yaitu perjalanan sejarah bank, kinerja operasional bank, teknologi digital bank, reputasi produk dan layanan serta strategi dilakukan bank dalam usahanya meningkatkan reputasi pada tahun 2015 hingga 2016," tutur Ikhsan. 

 

Guna mendapatkan kandidat bank terpilih sebagai pemenang, Warta Ekonomi melakukan serangkaian kegiatan riset kuantitatif pada 14–25 November 2016 dengan 1.800 responden. Mereka diwawancarai secara mendalam dengan kriteria umur, pendapatan, pendidikan dan pekerjaannya melalui SES ABC, berusia 20–50 tahun, memiliki produk perbankan, dan pernah merasakan layanan perbankan.

 

Dari hasil desk research diperoleh kandidat bank pemenang Indonesia Best Banking Brand Award 2016, kemudian diuji lebih lanjut ke responden, nasabah dari bank-bank terpilih. Pengujian kepada responden melalui wawancara telepon dan wawancara tatap muka.

 

"Tujuan pengujian kepada responden ini untuk mengetahui skor masing-masing bank, sehingga akhirnya ditentukan bank pilihan nasabah masing-masing kategori penghargaan. Setelah skor masing-masing bank dinilai, didapatkan 48 bank pilihan nasabah dengan skor tertinggi pada masing-masing kategori bank dan penghargaan, serta 15 bank pemenang Special Mention," pungkasnya. 

  

Ikuti dan simak Kinerja Bank Riaukepri dengan klik di sini.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline