Modal Empat Mesin Portable, Lima Polisi Padamkan Karhutla 4 Ha di Rengat

Proses-Pemadaman-Lahan2.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)
ombudsman

Laporan: Azhar Saputra


RIAU ONLINE, INDRAGIRI HULU - Kebakaran lahan gambut yang sudah ditanami kelapa sawit berhasil dipadamkan oleh Polisi dan masyarakat peduli api, Kamis, 16 Desember 2016 pukul 11.00 WIB. Lahan seluas empat hektar tersebut merupakan milik warga Arifin.

 

Kapolsek Rengat Barat, Kompol Afrizal Asri mengatakan kebakaran lahan yang berada di RT 01/ 01 Dusun V Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat ini diduga karena bara puntung rokok yang sengaja dibuang oleh para pemancing ikan tidak jauh di lokasi.

 

"Dugaan kita bahwa kebun yang berada di RT 01/ 01 Dusun V Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat ini terbakar akibat bara api puntung rokok dari warga yang memancing," ucapnya Jumat, 16 Desember 2016.

 

Afrizal mengatakan pemadaman dilakukan dengan mengerahkan lima anggota Polsek Rengat dibantu oleh lima masyarakat peduli karhutla serta menggunakan dua unit mesin portable merk Sibahura, Tohatsu dan dua unit mesin robin

Baca Juga: Satgas Siaga Karhutla Riau Segera Cabut Status Siaga Karhutla

 

"Juga kita turunkan dua unit mesin portable merk Sibahura, Tohatsu dan dua unit mesin robin,"katanya.

 

Api berhasil dipadamkan oleh Polisi dan masyarakat setelah lima jam. Kemudian, lahan tersebut diberi garis polisi untuk penyelidikan terkait pelaku di balik kebakaran tersebut.

 

"Untuk mencegah hal serupa terjadi kembali, kami tetap menjalankan patroli dan monitoring karlahut yang kami anggap rawan," tutupnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline