Aktual, Independen dan Terpercaya


Ini Gitar Metalica Jokowi yang Dipamerkan di HAKI Riau

Gitar-Metalica-Jokowi1.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ZUHDY FEBRIYANTO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memamerkan barang-barang sitaan yang menjadi media dan hasil dari praktik korupsi kolusi dan nepotisme (KKN) oleh pejabat negara di Indonesia sejak tahun 2003.

 

Salah satu barang sitaan KPK yang dapat disaksikan pengunjung adalah gitar milik Roberto Trujilo, basist grupband Metalica yang khusus diberikan kepada Presiden Joko Widodo ketika masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Mei 2013 lalu.

 

Gitar bass tersebut ditaksir KPK dengan nilai Rp8,5 juta dan dianggap sebagai gratifikasi dari pihak promotor penyelenggara konser Band Metalica.

Baca Juga: Kedatangan Presiden ke Pekanbaru Belum Dipastikan, Batal Lagi?

 

Roberto Trujilo, basist grupband Metalica (RIAUONLINE.CO.ID/ZUHDY FERBIYANTO)

 

"Gitar itu tidak kita lelang karena barang tersebut kita putuskan sebagai aset yang bisa digunakan secara luas untuk melakukan edukasi dan sosialisasi tentang gerakan anti korupsi," kata Jubir KPK, Febri Diansyah, Kamis, 8 Desember 2016.

 

Gitar Metalica Jokowi1RIAU ONLINE.CO.ID/ZUHDY FEBRIYANTO

 

Febri mengimbuhkan bahwa tak semua barang sitaan akan dilelang untuk disetorkan pada negara dari hasil penjualannya. Sebagian barang ditangguhkan pelelangannya untuk dijadikan pengingat dan contoh untuk semua orang bahwa negara sedang komitmen melawan korupsi.

Klik Juga: Wow, Ada Nama Pejabat Kasus Korupsi Melingkar di Tugu Zapin

 

"Banyak dari barang sitaan itu dilaporkan langsung oleh penerima gratifikasi. Mereka kita berikan penghargaan bahwa masih banyak pejabat yang memiliki integritas," tandasnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline