Aktual, Independen dan Terpercaya


Maksud Hati Ingin Hadir, Gubernur Andi Rachman Malah Bikin Berantakan Acara

Ketua-KIP-Riau-Mahyuddin-Yusdar.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FAKHRURRODZI)
ombudsman

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Keinginan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman untuk harus hadir dan membuka hampir semua acara yang telah diagendakan Bagian Protokoler Biro Umum Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi (Setdaprov) Riau, membuat kegiatan akan didatangi amburadul, alami keterlambatan hingga batal dihadiri. 

 

Ini dialami pada acara Rembuk Transparansi Tata Kelola Hutan dan Lahan "Refleksi 4 Tahun Keterbukaan Informasi di Provinsi Riau" yang digelar Komisi Informasi Publik (KIP) Riau bekerjasama dengan Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Riau, Rabu, 30 November 2016, di Gedung Daerah Kompleks Kediaman Gubernur Riau, Jalan Diponegoro, Pekanbaru.

 

Dari awal, gejala yang ditaja sejak jauh-jauh hari itu dan bagian dari rangkaian Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) 2016, sudah menampakkan gejala bakal molor dari jadwal ditetapkan dibuka pukul 08.30 WIB. 

 

Baca Juga: Babak Baru Pertarungan Andi Rachman-Rusli Zainal di Soksi Riau

 

Hingga pukul 09.30 WIB, Gubernur Andi Rachman, panggilan akrab Arsyadjuliandi Rachman, masih berada di acara Nusantara Bersatu dipusatkan depan Gedung Daerah, Jalan Diponegoro. Terlihat Koordinator Fitra Riau, Usman dan Ketua KIP Riau, Mahyuddin Yusdar, beberapa kali hilir mudik dan raut muka keduanya was-was apakah Andi Rachman hadir atau tidak. 

 

Setelah menanti dan menunggu kepastian hingga dua jam, kehadiran Andi Rachman guna membuka serta menjadi pembicara, juga tak tercapai. Akhirnya, Mahyuddin Yusdar, melihat undangan sudah gelisah menanti 2 jam, namun batang hidung Andi Rachman tak tampak juga, memutuskan membuka acara.

 

Dimulai dengan kata pembuka dari protokol dengan menyampaikan kalimat pembuka, kemantapan hati dan kesabaran undangan untuk menunggu, acara dimulai. "Yang Terhormat Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman diwakili (tanpa sebut nama)," kata pembawa acara. 

 

Kemudian pembawa acara mempersilakan Koordinator Fitra Riau, Usman, memberikan kata sambutan. Usman lalu menuju podium, namun saat hendak menyampaikan pernyataan, microphone mati. Akhrinya, ia berjalan ke kanan berjarak sekitar lima meter dari podium mengambil microphone kabel di samping pembawa acara. 

 

"Transparansi bukan hanya soal memberikan informasi ke publik, tapi bagaimana implementasi Undang-undangan Keterbukaan Informasi Publik mengatur itu," kata Usman. 

 

Usai Usman sampaikan kata sambutan, giliran Mahyuddin Yusdar. Sama dengan Usman, Mahyuddin menyampaikan sambutannya tanpa dihadiri Andi Rachman. Meja telah disiapkan di depan podium, dibiarkan tetap kosong tanpa diduduki oleh siapapun juga. 

 

Rembuk Transparansi Riau

KOORDINATOR Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Riau, Usman, memberikan sambutan di atas podium dengan deretan meja untuk Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, kosong melompong, Rabu, 30 November 2016, di acara Rembuk Transparansi, di Gedung Daerah.

 

"Kami hormati, Pak Gubernur Riau, Insya Allah akan bergabung dengan kita. Gubernur kirim salam, karena ada empat acara bersamaan yang harus dihadiri beliau," kata Mahyuddin membuka sambutannya. 

 

Klik Juga: Miliuner Ini Dilantik Jadi Gubernur Riau oleh Jokowi

 

Mahyuddin menjelaskan, Rembuk Transparansi digelar KIP Riau sudah diagendakan akan dibuka dan dihadiri Andi Rachman sebagai pembicara. Berdasarkan undangan diterima RIAUONLINE.CO.ID, Gubernur Riau didaulat menjadi Keynote Speaker, pembicara utama sekaligus akan digelar tanya jawab dengan undangan. 

 

Rembuk Transparansi Dikalahkan Peringatan Hari Ibu

Berdasarkan jadwal yang diterima dari Biro Humas Setdaprov Riau, Rabu, 30 November 2016, ada tujuh kegiatan yang telah diagendakan Andi Rachman bakal hadir. 

 

Di antaranya, Apel Nusantara Bersatu dimulai pukul 07.30 WIB di Jalan Diponegoro, International Conference on  Science and Technology For Sustainability ke-2 di Hotel Pangeran pukul 07.30 WIB, Rembuk Transparansi Tata Kelola Hutan dan Lahan pukul 09.00 WIB, dan Seminar Peringatan Hari Ibu ke-88 tahun 2016 di Hotel Dafam, pukul 09.00 WIB.

 

Acara berikutnya, menyerahkan penghargaan Kualitas dan Produktivitas bagi UKM Tingkat Provinsi Riau, pukul 09.00 WIB, di Lantai 3 Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Jalan Sudirman, Restorasi Sungai, Penulusuran Sungai (Walktrough), Kegiatan GN-KPA, Penanaman Pohon di Sungai Sail dan di Embung Areal Perkantoran Kota Pekanbaru dlm rangka Hari Bhakti Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat ke-71, pukul 08.00 WIB, di Jembatan Sungai Batak-Sungai Saik, Pekanbaru, dan terakhir Pemberian Anugerah Indeks Demokrasi Indonesia dan Sosialisasi Hasil Indeks Demokrasi Indonesia 2015, Pukul 09.00 WIB, di Puri Ratna Ballroom Lt.2, Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta. 

 

Dari agenda telah disusun tersebut, usai menghadiri acara Nusantara Bersatu, Andi Rachman, sempat hadir di Gedung Daerah. Namun, ia bukan ke Gedung Daerah, melainkan menghadiri Silaturahmi Gubernur Riau dengan Tokoh Masyarakat dan Pimpinan Pers Media di Balai Pauh Janggi, di bagian depan Gedung Daerah. 

 

Padahal, di acara tersebut, sama sekali tak ada dalam agenda acara Gubernur Riau untuk hari itu. RIAUONLINE.CO.IDB yang hadir dalam acara tersebut, baru mendapat undangan Rabu pagi dari Biro Humas dengan mengirimkannya via media sosial, Whatsapp. Dari acara tersebut, bisa dihitung dengan jari, siapa saja tokoh masyarakat dan pimpinan pers media yang hadir. 

 

Di acara tersebut, Andi Rachman, tak lebih dari 15 menit, datang kemudian salam-salaman dengan undangan telah hadir sejak pukul 10.00, karena dijadwalkan dibuka 30 menit berselang, 10.30 WIB, lalu duduk di meja telah disiapkan, dan melangkah ke depan, podium. 

 

Lihat Juga: Andi Rachman: Saya Lelah Hadapi Konflik Golkar

 

"Kita mengundang pimpinan media massa, karena kita ingin sosialisasikan peringatan Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) 2016 di Pekanbaru," kata Andi Rachman. Usai berikan kata sambutan, Ketua DPD I Golkar Riau itu, kemudian berlalu saja meninggalkan ruangan dengan alasan ingin salat. 

 

Informasi diperoleh, Andi Rachman justru hadir di acara Seminar Peringatan Hari Ibu ke-88 di Hotel Dafam. Andi membuka acara tersebut pukul 10.30 WIB.

 

"Hingga Rembuk Transparansi berakhir, Andi Rachman sama sekali tak menampakkan batang hidungnya ke acara kita tersebut," kata staf Fitra Riau, Taufik, Rabu sore. 

 

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline