Aktual, Independen dan Terpercaya

Disdik Diminta Perhatikan Jumlah Sebaran Guru Di Daerah Pelosok

ILUSTRASI-GURU.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Ahmad Hijazi meminta kepada Dinas Pendidikan (Disdik) provinsi untuk meratakan jumlah penempatan guru di seluruh wilayah yang ada di Riau termasuk di daerah dengan akses jauh dari perkotaan.

 

Menurutnya, sebagai tenaga pengajar profesional, guru yang telah menjadi ASN wajib mengikuti kebijakan dari pemerintah untuk dapat ditempatkan di daerah manapun tergantung dengan kebutuhan daerah, khususnya pendidikan menengah atas.

 

Pasalnya, banyak daerah yang berada di daerah terpinggir maupun terluar memperoleh sedikit pasokan tenaga pengajar profesional sehingga harus dilakukan penambahan.

Baca Juga: Pemerintah Dorong Upah Sejahtera Guru, Bagaimana dengan Guru Honorer?

 

"Saya berharap ini menjadi perhatian penting pada dinas pendidikan karena penyamarataan pendidikan pada seluruh wilayah harus dilakukan," kata Hijazi, Jumat, 35 November 2016.

 

Hijazi melanjutkan, formula yang bisa dilakukan untuk mengambil kebijakannya antara lain dengan memformulasikan rasio jumlah murid yang ada dengan jumlah guru yang dibutuhkan sehingga perbandingannya tepat dan tidak terkesan kurang tenaga.

 

"Rasio jumlah sekolah juga harus diperhitungkan," imbuhnya.

Klik Juga: Wow, Riau Usulkan Rp2 Triliun Untuk Upah Layak Guru

 

Sedangkan untuk guru tingkat SD dan SMP yang bukan dibawah kewenangan provinsi, berharap kabupaten dan kota memiliki kebijakan yang sejalan dengan rencana strategis pemerintah pusat untuk mengatur sebaran guru di seluruh wilayah.

 

"Gubernur yang merupakan perpanjangan pemerintah pusat nanti akan melakukn koordinasi langsung dengan kepala daerah kabupaten dan kota untuk melaksanakan manajemen tersebut," tandasnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline