Konon, Bangkai Kapal Perang Sekutu Ini Hilang di Laut Jawa

Kapal-Perang-Belanda.jpg
(KOMPAS.COM/DW/GETTY)

RIAU ONLINE - Belanda dan Inggris melayangkan protes kepada Indonesia tentang bangkai kapal perang yang digunakan pada 1942 hilang dari kedalaman Laut Jawa. Pemerintah negara sekutu itu meminta Indonesia untuk menyelidiki keberadaan bangkai kapal yang sudah mengalami rusak parah tersebut.

 

Selain kapal milik dua negara Eropa itu, ada beberapa kapal-kapal perang yang konon juga lenyap dari Laut Jawa. Berikut 5 kapal perang yang disebut-sebut hilang di Laut Jawa, seperti dilansir dari BOOMBASTIS.COM.

 

HNLMS Java

 

HNLMS Java adalah kapal yang diluncurkan lima tahun kemudian sejak dibuat pada 1916. Kapal berkelas Jawa ini memiliki bobot hingga 6.670 ton dengan kecepatan bergerak mencapai 31 knot, serta dilengkapi 10 senapan anti pesawat dan senapan mesin jenis Bofors.

 

Hasil gambar untuk HNLMS JavaHNLMS Java (WIKIPEDIA)

 

Kapal HNLMS Java terlibat dalam perang yang terjadi di Laut Jawa. Namun akhirnya karam dan mengakui kekuatan kapal perang milik Jepang.

 

HNLMS Kortenaer

 

Hasil gambar untuk HNLMS Kortenaer

HNLMS Kortenaer (WIKIPEDIA)

 

Kapal jenis perusak yang dibuat pada 1925 ini memiliki panjang hingga 98 meter. Dilengkapi dengan persenjataan, ada 6 senapan, 4 senapan mesin, 6 torpedo dan 24 bom yang bisa digunakan untuk melawan musuh yang mencoba mendekat. HNLMS Kortenaer tenggelam di Laut Jawa saat berusaha melawan Jepang yang akan menembus pertahanan dan memasuki Jawa.

 

HNLMS De Ruyter

 

Hasil gambar untuk HNLMS De Ruyter

HNLMS De Ruyter (WIKIPEDIA)

 

Kapal Buatan Belanda ini dibuat pada 1933 dan diluncurkan pada 1935. De Ruyter berjenis kapal kecil yang tidak terlalu banyak dilengkapi persenjataan. Keadaan keuangan dari Belanda yang menipis membuat kapal ini seperti dirakit dengan sangat minimalis. Saat terjadi Perang Laut Jawa 1942, kapal ini ditenggelamkan oleh torpedo dari Jepang dan tenggelam.

 

HMS Electra

 

Kapal dengan bobot mencapai 1.405 ton dan panjang 100 meter ini tidak mampu menghadapai kekuatan militer dari Jepang. Alhasil, HMS Electra ikut tenggelam pada pertempuran Laut Jawa pada 27 Februari 1942.

 

Hasil gambar untuk HMS Electra

HMS Electra (WIKIPEDIA)

 

Untuk ukuran kapal perusak, sebenarnya HMS Electra cukup banyak memiliki perlengkapan tempar yang terdiri dari senapan jenis MK IX, senapan mesin torpedo dan bom pelempar bom.

 

HMS Exeter

 

Inilah kapal perang Inggris yang kala itu membantu Belanda menghadapi Jepang. Kapal dengan kelas New York ini dikenal sebagai kapal yang cukup berat.

 

Hasil gambar untuk HMS Exeter

HMS Exeter (WIKIPEDIA)

 

Persenjataan kapal ini cukup lengkap dan bodi kapal yang cukup kuat. Dengan kecepatan mencapai 32 knot, kapal ini mampu bertarung dengan efisien meski akhirnya karam juga.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline