Aktual, Independen dan Terpercaya

Sambutan Festival Media 2016 Diwarnai Pantun Melayu

Fesmed.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/BOYKE SIHOMBING)

Laporan: Boyke Sihombing

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Festival Media 2016 yang ditaja oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dilaksanakan Sabtu dan minggu 19-20 November 2016 di Perpustakaan Soeman HS Pekanbaru. Acara tahunan AJI melangsungkan opening ceremony di ruang Wan Galib.

 

Dikenal dengan provinsi yang erat dengan pantun, pembukaan sambutan Festival Media 2016 dilengkapi dengan pantun. Dimulai dari ketua AJI Pekanbaru Fakhrurrodzi dilanjutkan dengan ketua AJI Indonesia Suwarjono, Perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diwakili oleh Kemal Amas sampai Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. Dalam sambutan mereka pantun terus dikumandangkan baik pembuka maupun penutup sambutan mereka.

 

Dalam Sambutan ketua AJI Indonesia Suwarjono ia menyebutkan tujuan dari Festival Media, pertama, membangun masyarakat melek media. Agar publik dapat memilah informasi yang baik untuk di share. Mencoba Mencerdaskan masyarakat. Menurutnya, saat ini banyak media yang malah membuat masyarakat bodoh, masyarakat menyukai informasi yang sepaham dengannya. Kedua, mengajak masyarakat untuk tidak hanya menjadi penikmat.

Baca Juga: Unilak Sediakan 10 Beasiswa Bagi Pemenang Lomba Mading 3D pada Fesmed AJI 2016

 

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman secara resmi membuka rangkaian acara Festival Media 2016. Beliau mengucapkan terimakasih kepada AJI karena telah memilih Pekanbaru sebagai tuan rumah. "Atas nama Pemerintah Provinsi Riau mengucapkan terimakasih kepada AJI, karena telah memilih Pekanbaru yang merupakan pertama kali di luar Jawa," kata Arsyad dalam sambutannya, Sabtu, 19 November 2016.

 

"Media cerdas, lestarikan bumi merupakan tema yang tepat karena acara ini diadakan di pekanbaru. AJI adalah mitra bagi pemerintah, untuk mengkomunikasikan pembangunan dan menampung aspirasi masyarakat. Saya bangga pekanbaru menjadi roadshow pertama di luar Jawa," lanjutnya

Klik Juga: AJI Gelar Berbagai Lomba untuk Pers Mahasiswa dan Blogger

 

Selama acara pembukaan ditampilkan sarana singkat tentang pembakaran hutan, dilanjutkan dengan penyiraman pohon kering dan menjadi pohon hijau oleh ketua AJI Indonesia. Setelah pembukaan, akan adakan talkshow bertajuk "Asap dan Problematikanya".

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline