Aktual, Independen dan Terpercaya

Tinggal Menghitung Hari, Ini Jadwal Piala AFF 2016

PIALA-AFF-2016.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Gelaran Piala AFF 2016 tinggal menghitung hari. Sebanyak delapan tim akan bertarung di putaran final dalam turnamen sepak bola paling bergensi di Asia Tenggara tersebut.

 

Delapan tim tersebut merupakan tim yang lolos babak kualifikasi yang sebelumnya digelar di Kamboja, menyingkirkan Timor Leste, Laos dan Brunei Darussalam serta tuan rumah, Filipina.

 

Bersama tuan rumah Filipina, Indonesia berada di Grup A dan bergabung dengan juara bertahan Thailand dan Singapura. Grup B diisi Myanmar, Malaysia, Vietnam dan Kamboja.

 

Tampaknya, Indonesia harus melalui perjuangan yang berat untuk mencapai babak semifinal, mengingat lawan yang ada di Grup A tidak bisa dirubuhkan dengan mudah.

 

Sepanjang sejarah, Thailand selalu menjadi batu sandungan bagi Tim Merah Putih. Terlebih lagi, Thailand memegang gelar juara bertahan hingga kini, seperti dilansir dari BOLA BISNIS.COM.

 

Filipina juga telah menjelma sebagai kekuatan raksasa Asia Tenggara. Sebelumnya di Piala AFV 2 tahun lalu, Filipina menaklukkan Indonesia dengan skor telak 4-0.

 

Kemudian Singapura, selama 4 tahun terakhir Singapura memang mengalami penurunan prestasi jika dibandingkan dengan era 1998, serta 2004 hingga 2012, namun Indonesia belakangan menemui kesulitan saat bertemu Singapura.

 

Singapura, yang ditukangi pelatih Varadaraju Sundramoorthy, mantan gelandang serang timnas berjuluk Singa, juga merupakan juara terbanyak Piala AFF yakni empat kali, sama dengan Thailand.

 

Tampaknya, Indonesia harus melewati jalan terjal yang sangat berat dalam turnamen kali ini. Namun, selalu saja ada celah untuk melewati hadangan apa pun demi memelihara mencapai prestasi terbaik.

 

Hanya dua tim teratas dari masing-masing grup yang lolos ke semifinal. Pertandingan leg pertama semifinal digelar pada 2-4 Desember. Leg kedua digeber pada 7-8 Desember. Sedangkan Final dijadwalkan berlangsung juga dua leg kandang-tandang pada 14-17 Desember 2016.

 

Berikut jadwal lengkap pertandingan fase grup seperti dilansir dari BISNIS:

 

Grup A:

Sabtu, 19 November:

15:30 Indonesia vs Thailand

19:00 Filipina vs Singapura

Selasa, 22 November:

15:30 Thailand vs Singapura

19:30 Indonesia vs Filipina

Jumat, 25 November:

19:00 Indonesia vs Singapura

19:00 Filipina vs Thailand

 

Grup B:

Minggu, 20 November:

15:30 Malaysia vs Kamboja

18:30 Myanmar vs Vietnam

Rabu, 23 November:

15:30 Malaysia vs Vietnam

18:30 Kamboja vs Myanmar

Sabtu, 26 November

18:30 Vietnam vs Kamboja

18:30 Myanmar vs Malaysia.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline