Inilah Tiga Pebalap yang Akan Membela Tim Baru di Musim Depan

Tiga-pebalap.jpg
(SINDONEWS)
ombudsman

RIAU ONLINE - Dua pebalap MotoGP dipastikan akan pindah ke tim baru mengikuti jejak pebalap Spanyol Jorge Lorenzo yang akan mulai membela tim Ducati pada musim 2017 mendatang.

 

Dua pebalap yang akan menyusul Lorenzo hengkang dari tim yang sebelumnya telah membesarkan nama mereka adalah Maverick Vinales dari Suzuki dan Andrea Iannone dari Ducati.

 

Rotasi tiga pebalap ini, menjadi topik paling hangat selain persaingan berebut gelar juara dunia musim ini. Seperti apa kiprah ketiga pebalap? Berikut ulasannya dilansir dari Sindonews.

 

Jorge Lorenzo

 

Pebalap asal Spanyol itu mulai mengaspal di kelas utama pada musim 2008. Pada debut pertamanya itu, Lorenzo sukses finis di posisi keempat di klasemen akhir pebalap.

Baca Juga: Sempurna di Valencia, Lorenzo: Cara Bagus Berterima Kasih ke Yamaha

 

Bersama Yamaha, Lorenzo meraih gelar juara dunia pertamanya di ajang MotoGP musim 2010. Kemudian menjadi runner up pada 2011 dan kembali meraih gelar juara pada 2012 dan 2015.

 

Pebalap 29 tahun itu memutuskan untuk mencari peruntungan baru bersama Ducati pada musim 2017 mendatang. Menjelang kepindahan, Lorenzo berhasil memberi hadiah termanis kepada Yamaha dengan merebut podium pertama di seri akhir MotoGP di Valencia, Minggu, 13 November 2016.

 

Maverick Vinales

 

Di usianya yang masih sangat muda, Vinales telah dipercaya menjadi pebalap utama tim Suzuki pada tahun debutnya kembali ke ajang MotoGP, setelah sejak 2011 Suzuki vakum dari ajang balapan bergengsi dunia itu.

 

Pebalap 20 tahun itu berhasil finis di posisi ke-12 pada klasemen akhir 2015 lalu. Prestasi terbaik ditorehkan Vinales musim lalu, saat finish keenam di GP Catalunya dan GP Australia di Philip Island.

 

Tahun ini, Vinales semakin mengejutkan. Ia berhasim menyumbang podium pertama untuk Suzuki, setelah finis di posisi ketiga pada balapan di Sirkuit Le Mans, Prancis.

 

Prestasi memukaunya itu menarik pihak Yamaha untuk menyodorkan kontrak berdurasi dua tahun kepadanya untuk menggantikan Lorenzo yang akan bergabung bersama Ducati musim mendatang. Vinales bersedia menerima tawaran itu dan diprediksi kiprahnya akan sangat bersinar bersama Valentino Rossi pada tahun depan.

Klik Juga: Mengharukan, Inilah Surat Perpisahan Lorenzo untuk Yamaha

 

Andera Iannone

 

Efek domino juga dirasakan oleh pebalap Ducati, Andrea Iannone. Iannone akan pindah ke Suzuki menggantikan menyusul keputusan Ducati mendatangkan Jorge Lorenzo ke Bologne.

 

Hanya dua hari setelah keputusan Ducati untuk memberikan kursinya kepada Lorenzo, Iannone langsung menerima kesepakatan bergabung bersama tim Suzuki. Kepindahannya ke Suzuki sekaligus akan mengisi kursi Maverick Vinales yang memilih bergabung dengan Yamaha.

 

Pebalap 26 tahun itu berhasil menyedot perhatian setelah pada musim lalu sukses meraih tiga podium, salah satunya runner up di Sirkuit Muggelo, Italia. Iannone juga berhasil merebut podium di COTA pada musim lalu.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline