Aktual, Independen dan Terpercaya


Malam Ini, Warga Pekanbaru, Kuansing dan Pelalawan Bisa Lihat Supermoon

Supermoon.jpg
(INTERNET)
ombudsman

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru melaporkan malam ini, Senin, 14 November 2016, fenomena Supermoon dapat disaksikan oleh warga Riau.

 

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Slamet Riyadi mengatakan, fenomena langka supermoon ink dapat dilihat mulai senja hingga menjelang fajar datang esok hari.

 

"Bulan sudah kelihatan semenjak senja menuju malam," kata Slamet melalui pesan seluler.

 

Slamet menjelaskan, puncak supermoon atau perigee akan berlangsung lebih dulu pukul 19.27 WIB. Kemudian, puncak purnama akan menyusul pukul 20.52 WIB, setelah itu fenomenanya akan mulai mengecil.

 

Baca Juga: Letjen Syarwan Hamid Ingatkan Presiden Jokowi Jangan Adu TNI dengan Rakyat

 

"Pada waktu itu bulan sudah terbit di seluruh Indonesia dan posisinya sudah cukup tinggi di atas horison. Sehingga supermoon 14 November 2016 akan sangat ideal untuk diamati di seluruh Indonesia, tanpa terkecuali," jelasnya.

 

Khusus untuk wilayah Riau, kata Slamet, supermoon dapat dilihat di Kota Pekanbaru, Pelalawan dan Kuantan Singingi. Namun sayangnya supermoon tak akan terlihat jika cuaca mendung.

 

"Kalau cuaca mendung, ya tidak bisa. Kondisi cuaca sekarang secara umum sedang mendung. Mudah-mudahan cuaca bisa membaik," ungkapnya.

 

Fenomena supermoon terjadi saat bulan mencapai titik terdekat dengan bumi dalam kondisi bulan penuh atau purnama. Supermoon kali ini menjadi istimewa karena merupakan supermoon terbesar selama 68 tahun sejak 1948.

 

Klik Juga: Pemilik Media Online Prancis Ini Akan Berbagi Ilmu dengan Pengelola Media Online di Riau

 

Menurut badan antariksa Amerika, National Aeronautics and Space Administration (NASA), bulan tak akan mencapai titik sedekat ini dengan Bumi hingga 25 November 2034.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline