Aktual, Independen dan Terpercaya

Bank Riaukepri Bangga Menjadi Pertama di Sumatera Peduli ke Pekerja Informal

DR-Irvandi-Gustari.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FAKHRURRODZI)

RIAU ONLINE, PEKANBARU Direktur Utama (Dirut) Bank Riaukepri, Irvandi Gustari, mengatakan, penyerahan Community Social Responbility (CSR) terhadap 5.000 pekerja rentan untuk ditanggung dalam program BPJS Ketenagakerjaan, merupakan langkah awal. 

 

Irvandi mengatakan, jumlah tersebut akan bertambah hingga menjadi 20 ribu pekerja rentan pada tahun 2017 mendatang yang berada di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau.

 

"Ini langkah awal, 3.000 peserta kita gratiskan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaannya. Perinciannya, 3.000 di Riau, 2.000 di Kepulauan Riau dengan dua program, Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian," kata Irvandi Gustari, Sabtu, 5 November 2016, usai Penyerahan CSR PT Bank Riaukepri melalui Gerakan Nasional Lingkaran BPJS Ketenagakerjaan kepada 5.000 Pekerja Rentan di Provinsi Riau dan kepulauan Riau, di Menara Dang Merdu Gedung Bank Riaukepri. 

 

Baca Juga: Wow, 5000 Pekerja Ditanggung Iuran BPJS Ketenagakerjaan oleh Bank Riaukepri

 

Anak Wali Kota Pekanbaru 1981-1986, Ibrahim Arsjad ini, mengatakan, sumber dana tersebut berasal dari dana yang disisihkan dan menjadi Community Social Responbility (CSR) Bank Riaukepri. 

 

Ini, tuturnya, menjadi upaya transparansi dalam pengelolaan CSR perusahaan di Riau. Bagi keponakan sejarawan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Asvi Warman Adam tersebut, langkah telah dilakukan BRK diikuti perusahaan-perusahaan besar lainnya di Riau. 

 

"Mereka (5.000) pekerja rentan ini ditanggung hingga akhir 2016 ini, selama tiga bulan kita tanggung premi BPJS-nya. Per orang menerima pertanggungan Rp 16.500 dikalikan 5.000 orang otal seluruhnya, Rp 252 juta," kata penyandang doktor SDM itu. 

 

Irvandi berjanji, tahun 2017 mendatang, akan ada penambahan hingga 15 ribu lagi bagi pekerja rentan. Bisa saja, tuturnya, pekerja yang sudah mendapat tahun ini kita perpanjang, bisa juga tidak. 

 

Klik Juga: Hadapi Tantangan Berat Perbankan, Irvandi: Mind Set Harus Kita Ubah Perlahan-lahan

 

"Senang hati ini lihat mereka. Peluang dan kesenangan menolong itu kita tangkap dan kita pertama kali di Sumatera. Data pekerja rentan kita peroleh dari BPJS Ketenagakerjaan dan kita verifikasi juga ke lapangan," jelas Irvandi. 

 

Sebelumnya, Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, dalam pidato sambutannya meminta perwakilan penerima CSR Bank Riaukepri untuk mengangkat tangannya bagi sudah menerima kartu BPJS Ketenagakerjaan. 

 

"Ayo angkat tangannya, tunjukkan kartu BPJS Bapak dan Ibu terima," kata Andi Rachman, panggilan akrabnya. 

 

Menerima tawaran tersebut, perwakilan warga langsung mengangkat tangan. "Ayo jangan lupa terima kasih kepada Bank Riaukepri. Kalau berhasil jangan lupa nabung di Bank Riaukepri juga ya," ajak Andi Rachman. 

 

 

Ikuti dan simak Kinerja Bank Riaukepri dengan klik di sini.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline