Aktual, Independen dan Terpercaya


Ribuan Warga dari 7 Provinsi Bergambut Ikuti Jambore Masyarakat Gambut di Jambi

Myrna-A.-Safitri-BRG.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)
ombudsman

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, JAMBI - Deputi Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan Badan Restorasi Gambut (BRG), Myrna A. Safitri mengatakan bahwa acara perdana di Indonesia yakni Jambore Masyarakat Gambut (JMG) yang akan berlangsung 5-7 November 2016 di Gor Kota Baru, Jambi, akan menjadi tempat menimba ilmu bagi peserta, tamu undangan dan masyarakat tentunya.

 

Selain itu, BRG juga akan lebih menfokuskan interaksi komunikasi yang memang diperlukan untuk meningkatkan tata kelola tanaman di lahan bergambut.

 

"Jadi jambore ini nantinya akan dijadikan wadah untuk saling berbagi pengatuhan dan pengalaman terutama dalam menyelamatkan gambut yang tentunya berbasis komunikasi," ucapnya di Kantor Gubernur Jambi, Jumat, 4 November 2016.

Baca Juga: Inilah Harapan BRG Terhadap Pelaksanaan Jambore Masyarakat Gambut di Jambi

 

JMG ini juga akan menampilkan dan mewadahi dialog tentang kebijakan-kebijakan terkait, forum aksi dan panggung inovasi rakyat, pondok belajar gambut, sudut pengatahuan, nonton bareng dan diskusi disertai pameran.

 

Dengan upaya-upaya seperti itu, Myrna berharap masyarakat dan para undangan dapat memanfaatkan acara yang akan bergulir selama tiga hari ini dengan sebaik-baiknya dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan mereka tentunya.

 

"Saya harapkan juga kepada peserta akan menunjukkan upaya-upayanya secara inovatif untuk menyelamatkan gambut dan meningkatkan kesejahteraan para penggiat berbasis gambut," imbuhnya.

Klik Juga: Scale Up Berangkatkan Warga Bermukim di Lahan Gambut ke Jambore Masyarakat Gambut

 

Sekitar seribuan warga akan berkumpul dan menyaksikan acara ini. Sebagian besar merupakan petani gambut, anggota masyarakat peduli api, perangkat desa dan pendampingnya.

 

Selain itu, tujuh provinsi yang menjadi target restorasi gambut seperti Papua, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, Riau, Jambi ditambah masyarakat Aceh dan beberapa provinsi bergambut lainnya juga akan turut mensukseskan acara ini.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline