Aktual, Independen dan Terpercaya

Mengenang Sosok Penerjun Wanita Indonesia Pertama TNI AU

Tuti-Gantini.jpg
(BRILIO.NET)
Enoki Mall Pekanbaru Japanese restaurant shabu-shabu, sushi dan Grill

RIAU ONLINE - Tuti Gantini, adalah perempuan yang menjadi penerjun statik pertama Indonesia. Pada 23 Agustus 1962, Tuti Gantini berhasil melakukan penerjunan statik pada wingday yang diselenggarakan TNI AU, setelah melalui ground training dan serangkaian latihan yang melelahkan.

 

Perempuan tangguh itu adalah putri dari Marsda Purn R.A Wiriadinata, Komandan Pasukan Pertahanan Pangkalan (PPP) pertama, yang kini dikenal sebagai Korps Paskhas TNI AU, seperti dilansir dari INSTAGRAM MATAPADI.

 

Kisah keberaniannya nyaris menyamai sang ayah yang banyak menorehkan kegemilangan pertempuran. Keberanian Tuti sangat menginspirasi para perempuan Indonesia lainnya.

Baca Juga: Inilah Penembak Jitu Terbaik di Dunia yang Berasal dari Indonesia

 

Keberanian Tuti kemudian disusul oleh dua adik perempuannya, kemudian juga diikuti oleh penerjun sipil dan militer seperti dari Kowad, Wara, Polwan dan istri-istri anggota Angkatan Darat.

 

Pada usia senjanya, perempuan pemberani ini akrab dipanggil Enin oleh cucu-cucunya. Orang-orang terdekatnya mengenang Tuti sebagai sosok perempuan yang selalu mengajarkan kemandirian, keberanian dan suka menolong. Tuti menghembuskan napas terakhirnya pada 27 Oktober 2015 silam.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline