Aktual, Independen dan Terpercaya

Polda Riau Turunkan Ribuan Personil dalam Pengamanan Pilkada 2017

Kapolda-Riau-Zulkarnain.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kapolda Riau Brigjen Pol Zulkarnain mengatakan Satuan tugas (Satgas) pengamanan yang tergabung dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Siak 2017 dalam mengamankan pemilihan Walikota (Pilwako) Kota Pekanbaru dari awal sampai terpilihnya Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru Periode 2017-2022 akan melibatkan ribuan personil.

 

Zulkarnain menjelaskan ribuan personil tersebut terdiri dari Polri, TNI-AD dan Satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas).

 

"Kami dari Polri akan menurunkan 1.038 personil dibantu oleh prajurit TNI sebanyak 68 personil dan 360 Linmas di 1.800 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Pekanbaru," ucapnya di lapangan SPN, Rabu, 26 Oktober 2016.

Baca Juga: Begini Simulasi Pengamanan Pilkada 2017 dari Polda Riau

 

Perincian dari pengamanan tahapan pilkada itu, ungkapnya, dilakukan untuk setiap rangkaian Pilkada mulai proses pendaftaran, pengundian, kampanye, pencoblosan, penghitungan suara sampai pelantikan Walikota dan Wakil Walikota terpilih.

 

"Rangkaian ini tidak boleh terganggu. Saya ingatkan kita sama-sama hargai dan patuhi aturan dari KPU," katanya.

 

Selain itu, pengamanan juga dilakukan terhadap proses penyediaan logistik pemilu, mulai dari pencetakan, pendistribusian, penghitungan surat suara. "Sampai di masukkan kembali ke kotak suara dan terakhir di bawa kembali, itu konsen pengamanan kita," tutupnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline