5 Negara Ini Miliki Kekuatan Militer Terbesar di Dunia

Angkatan-Bersenjata-Amerika-Serikat.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Dalam suatu negara kehadiran milter dianggap sebagai hal penting. Beberapa negara bahkan berupaya memperkuat pasukan militernya.

 

Selama beberapa dekade hingga kini, militer Amerika Serikat masih diperingkat pertama jika diukur dari keaktifan personel, jumlah alutsista dan APBN untuk militer.

 

Namun, Amerika Serikat bukan satu-satunya negara yang memiliki kekuatan militer besar. Dilansir dari Liputan6.com, terdapat 5 negara dengan kekuatan militer terbesar di dunia dalam hal kekuatan jumlah personel hingga persenjataan.

 

India

 

Dengan menyalurkan dana APBN sebesar sebesar USD 50 juta pada 2015 untuk angkatan bersenjatanya, India memiliki kekuatan militer terbesar di dunia.

 

Hasil gambar untuk militer indiaMiliter India (MIRAJ NEWS AGENCY)

 

Bersama China dan Amerika, India memiliki tentara laki-laki terbanyak di dunia. Lebih menakutkan laagi, India merupakan satu dari sedikit negara pemilik senjata nuklir. India berencana masuk dalam 4 besar militer terbesar di dunia pada 2020.

 

Jepang

 

Negeri Matahari Terbit ini memiliki alutsista terbaik di dunia, meski pasukan militernya masih berbentuk pasukan bela diri. Tak tanggung-tanggung untuk Pasukan Bela Diri Jepang mengalokasikan dana sebesar US$ 41,6 miliar. Mereka pun punya 16 kapal selam.

 

Hasil gambar untuk militer jepangMiliter Jepang (GARUDA MILITER)

 

Majelis rendah parleme Jepang, sejak Juli 2015 telah meloloskan beberapa rancangan undang-undang yang akan memungkinkan pasukan bela diri Jepang terlibat dalam perang untuk membela sekutu yang diserang.

 

Rencana itu mendapat dukungan dari PM Jepang, Shinzo Abe. Dia menyatakan siap untuk merubah konstitusinya demi menghidupkan kembali militernya. Sebab menurutnya, Jepang butuh kekuatan militer lebih besar untuk menghalau ancaman dari luar.

 

China

 

Dalam satu dekade terakhir, militer China telah mengalami perkembangan yang pesat di bidang kemampuan dan jumlah pasukannya. Jika diukur dari jumlah tentara laki-laki, China adalah yang terbesar di dunia.

 

Hasil gambar untuk militer chinaAngakatan Bersenjata China (BINTANG.COM)

 

China, bahkan melakukan terobosan dengan membuat modernisasi alutsista. Saat ini tentara China yang siap berada di garis depan jika ada pertempuran pada 2015 sebanyak 2.330.000 personel. Sementara dana untuk militernya mencapai USD 216 miliar.

 

Rusia

 

Angkatan bersenjata Rusia merupakan kedua terbesar di dunia setelah tentunya Amerika Serikat. Negeri Beruang Merah itu memiliki tank terbesar di dunia untuk mendukung perlengkapan alutsista miiternya.

 

Negara yang dulunya dikenal dengan Uni Soviet ini juga memiliki pesawat militer kedua terbesar di dunia dan kapal selam ketiga terbesar. Sejak 2008, Rusia berada tiga besar dunia dalam bidang alokasi dana militer.

 

Hasil gambar untuk militer rusiaMiliter Rusia (MERDEKA.COM)

 

Bahkan dalam dua tahun ke depan, negara yang dipimpin Vladimir Putin ini berencana meningkatkan dana militernya sebanyak 44 persen.

 

Jika negara lain sangat jarang mempertunjukkan kemampuannya, tak demikian dengan Rusia. Negara ini mendemonstrasikan kekuatannya di Suriah.

 

Amerika Serikat

 

Peringkat pertama negara berkekuatan militer terbesar di dunia tetap dipegang oleh Amerika Serikat, meski telah mereka telah terjadi pemotongan dan daya serap anggaran yang rendah. Pada 2015 AS mengalokasikan dana sebanyak USD 601 miliar untuk memperkuat militernya.

 

Hasil gambar untuk militer ASMiliter AS (VIVA.CO.ID)

 

Hingga kin, alutsista AS adalah terbanyak di dunia. Jumlah tank mereka 8.848, pesawat militer 13.892, dan kapal selam sebanyak 72 buah.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline