Aktual, Independen dan Terpercaya


Bank Riaukepri Pilih 20 UMKM pada Anugerah ke-8

Konferensi-Pers-Anugerah-UMKM-Bank-Riaukepri.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ZUHDI FEBRIYANTO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bank Riaukepri (BRK) pekan ini, Jumat, 28 Oktober 2016, akan menggelar malam Penganugerahan UMKM Awards 2016 ke-8.

 

Acara ini merupakan malam apresiasi dari BRK kepada debitur setia mereka yang dipandang mampu menumbuhkembangkan usahanya dengan baik.

 

Direktur Utama Bank Riaukepri, Irvandi Gustari, menjelaskan, penganugerahan tersebut nantinya akan dinilai secara independen oleh tiga juri dipilih secara profesional. "Mereka merupakan orang sudah memiliki kapabilitas di bidangnya," kata Irvandi saat Press Conference di Kantor Pusat Bank Riau Kepri, Gedung Dang Merdu.

 

Baca Juga: Hadapi Tantangan Berat Perbankan, Irvandi: Mind Set Harus Kita Ubah Perlahan-lahan

 

Ketua Dewan Juri bentukan BRK antara lain Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Riau Darius Husein, Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Riau Irma Hafidah Rachman, dan terakhir perwakilan akademisi dari Fakultas Ekonomi Universitas Riau (UR), Ervan Darwis.

 

Dewan juri, tutur anak Wali Kota Pekanbaru 1981-1986 Ibrahim Arsjad ini nantinya akan memilih 20 dari total 169 debitur diseleksi dari tiap kantor cabang yang ada di Riau dan Kepulauan Riau.

 

Ada empat penghargaan nantinya diberikan oleh BRK. Masing-masing kategori akan diambil lima orang sehingga total ada 20 penerima award.

 

"Kategorinya ada Mikro Jasa dan Perdagangan, Mikro Produktif Industri, Kecil Jasa Perdagangan dan Kecil Produktif Industri," kata Ketua Dewan Juri, Darius. 

 

Penilaian dilakukan secara bertahap. Mulai dari seleksi data sekunder, penilaian langsung ke lapangan hingga penilaian mendalam tentang manajemen karyawan si pelaku usaha itu sendiri. "Dari 169 debitur diseleksi data sekundernya akan mengerucut menjadi 40 debitur yang lolos," jelas Darius.

 

Untuk melakukan penilaian, dewan juri turun langsung ke lapangan. Di Riau, dewan juri menilai ke semua kabupaten dan kota di Riau. Kemudian di Provinsi Kepulauan Riau ada tiga daerah yakni Bintan, Natuna dan Tanjung Balai Karimun.

 

Klik Juga: Bank Riaukepri Sudah Salurkan Rp 10,5 Miliar Dana KUR

 

"Proses penjurian telah kita lakukan sejak 24 Juni 2016 lalu dan kita nilai lalu terpilihlah 40 debitur yang memenuhi persyaratan," ungkap Darius.

 

Setelah itu, faktor penentu terpilihnya 20 dari 40 debitur tersebut melalui penilaian kemampuan manajemen usaha si debitur itu sendiri. Baik manajemen usaha maupun manajemen karyawannya.

 

"Kemampuan manajemen itu penting, tanpa itu pastinya sulit juga dalam menjalankan sebuah usaha. Makanya, ini menjadi salah satu poin penting untuk dinilai," tutup Darius.

 

Ikuti dan simak Kinerja Bank Riaukepri dengan klik di sini.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline