Wujudkan Bebas Korupsi, Pemprov Riau Bakal Bangun Tugu Anti Korupsi dan Taman Aspirasi

ilustrasi-korupsi.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau berencana membangun tugu anti korupsi di halaman Kantor Gubernur Riau. Rencananya, pembangunan akan dimulai pada 7 Desember mendatang, bertepatan dengan Hari Korupsi Internasional (HAKI).

 

Asisten III Setdaprov Riau, Kasiaruddin mengatakan pembangunan Monumen Anti Korupsi di halaman Kantor Gubernur Riau itu dalam rangka 
terwujudnya Riau yang bebas dari Korupsi.

 

Menurunya, tugu itu sebagai bentuk keseriusan Pemprov Riau dalam membentas korupsi. "Kemudian semangat untuk tidak korupsi itu tidak hanya dilaksanakan ditataran tingkat atas, melainkan hingga ke strata paling bawah," katanya.

 

Ide pembangunan tugu anti korupsi tersebut, kata Kasiruddin, merupakan hasil diskusi bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang digelar beberapa waktu lalu.

 

"Penanaman tugu anti korupsi ini kita maksudkan, kita ingin budaya anti korupsi bisa berjalan dari tingkat atas sampai bawah," ujarnya.

 

Jika pembangunan Tugu Anti Korupsi terwujud, maka dengan demikian Kota Pekanbaru memiliki koleksi tugu tambahan. Pasalnya, saat ini Pekanbaru telah mengoleksi banyak tugu, di antaranya, Tugu Selamat Datang, Tugu Pon, Tugu Keris, Tugu Zapin, Tugu Ikan Selais, Tugu Songket, Tugu Pahlawan, Tugu Pesat Tempur, dan lainnya.

Baca Juga: Inilah 55 Nama Calon Anggota KPID Riau yang Lulus Seleksi Administrasi

 

Selain itu, menurut Kasiaruddin Pemprov Riau bersama KPK dan komunitas masyarakat juga berencana membangun Taman Tunjuk Ajar Integritas di ruang terbuka hijau Jalan Ahmad Yani.

 

"Jadi taman tersebut sebagai tempat menyampaikan aspirasi, bakat maupun kreatifitas masyarakat. ?Bisa saja di taman kita bangun panggung pergelaran dan sarana lainnya," ujarnya.

 

Menurutnya, taman aspirasi tersebut akan dikaitkan dengan kultur budaya dan tunjuk ajar atau nasihat. Pemprov Riau dan Lembaga Adat Melayu telah menyepakati wacana pembangunan tersebut.

 

Nantinya, taman aspirasi tersebut akan ditanami pohon harapan, yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk menuliskan harapannya terkait korupsi yang telah merusak bangsa serta harapan pembangunan engeri ke depannya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline 


RIAU.GO.ID