Aktual, Independen dan Terpercaya


Inilah 4 Jasa Bung Karno Bagi Muslim di Dunia

Bung-Karno-bersama-Mantan-Presiden-Mesir.jpg
Boombastis.com/Source
Bung Karno bersama Mantan Presiden Mesir, Gamal Abdul Nasser

RIAU ONLINE - Sosok Presiden Soekarno memiliki pengaruh yang kuat, tak hanya di dalam negeri tapi juga dunia internasional. Setiap lawatan Soekarno ke sebuah negara akan mendapat sambutan sangat meriah.

 

Setiap perkataan Soekarno menjadi suatu hal yang sangat dipertimbangkan. Selama kepemimpinannya, setidaknya empat kali pasangan Bung Hatta itu mengutarakan keinginannya kepada suatu negara dan benar-benar terjadi.

 

Uniknya, setiap titah dari sang Putra Fajar ini selalu berujung pada manfaat besar bagi orang-orang di dunia. Berikut ulasannya.

 

Soekarno Sosok Penyelamat Universitas Al Azhar Mesir

 

Dibangun pada 970-an, Al Azhar menjadi kampus tertua di dunia. Keberadaannya bagi Islam adalah hal yang sangat penting. Dunia mengenal Mesir lewat kampus yang usianya sudah lebih dari 1000 tahun ini.

 

Namun pada 1955, Presiden Mesir kala itu, Gamal Abdul Nasser berencana menutup Al Azhar dengan alasan politik. Wacana tersebut sontak menghebohkan umat Islam di dunia, termasuk Bung Karno.

 

Universitas Al AzharUniversitas Al Azhar Mesir (WIKIPEDIA)

 

Lalu, Bung Karno langsung melakukan lawatan ke Mesir. Selain sebagai kunjungan negara, misi lain Soekarno adalah menyelamatkan Al Azhar. Hubungan kedua Presiden tersebut sebenarnya sangat mesra. Gamal dikenal keras, namun saat berhadapan dengan Soekarno ia bisa lebih menerima kritik.

 

Saat pertemuan dengan Presiden Mesir, Bung Karno mengatakan mengapa harus menutup Al Azhar, padahal Al Azhar adalah simbol yang sudah kental dengan Mesir. Menurutnya, orang Indonesia mengenal Mesir lewat universitas Al Azhar.

 

Siapa sangka, perkataan Bung Karno ternyata menjadi pertimbangan bagi Gamal. Hingga akhirnya, Al Azhar tidak jadi ditutup.

 

Berdirinya Masjid Biru Saint Petersburg Rusia atas Prakarsa Soekarno

 

Dahulu, hubungan Indonesia dan Rusia sangat baik. Di masa Bung Karno, Rusia kerap menyuplai persenjataan serta deretan alutsista nomor satunya ke Indonesia. Bung Karno juga berperan besar bagi Rusia, terutam bagi para Muslim di Rusia.

 

Seperti diketahui, Rusia terkenal dengan masjid Biru Saint Petersburg yang eksotis. Tapi tahukah anda sebelum masjid itu dibuka kembali, ternyata pernah digunakan sebagai gudang obat-obatan dan senjata.

 

Masjib Biru di St Petersburg [Image Source]Masjid Biru Saint Petersburg Rusia (BOOMBASTIS.COM)

 

Mengetahui hal ini Bung Karno merasa miris, lalu langsung mendesak sejawatnya, Presiden Rusia kala itu, Nikita Khrushev untuk membuat tempat itu kembali berfungsi sebagai tempat ibadah umat Muslim.

 

Tak butuh waktu lama untuk Bung Karno memberikan pengaruhnya kepada presiden Rusia. Tanpa perdebatan, Presiden Rusia menuruti Soekarno. Hasilnya, hingga saat ini Masjid dengan ornamen cantik itu tetap berdiri kokoh.

 

Kiprah Soekarno dalam Menemukan Makam Imam Bukhari

 

Imam Bukhari adalah sosok penting bagi umat Muslim. Bukhari adalah peprawi hadist yang dikenal kesahihannya. Ia adalah sosok berjasa dalam mengetahui jejak Nabi Muhammad.

 

Banyak yang berpendapat bahwa Soekarno adalah orang yang berjasa dalam penemuan makam Bukhari. Berawal dari desakan Soekarno kepada Presiden Rusia untuk menemukan makam Bukhari.

 

Komplek pemakaman Imam Bukhari [Image Source]Makam Imam Bukhari (BOOMBASTIS.COM)

 

Pihak setempat hampir putus asa dalam menemukan makam Bukhari, hingga akhirnya setelah bersusah payah mereka menemukan makam itu di Uzbekistan.

 

Saat ditemukan, makam Imam Bukhari sangat tidak terawat. Namun kini, keadaannya sudah jauh berubah. Kini, makam Imam Bukhari menjadi tempat ziarah populer umat Islam di dunia.

 


Jasa Soekarno di tengah Tandusnya Arafah

 

Sebelum dipenuhi pepohonan, Padang Arafah hanya berupa gurun tandus dengan panas yang menyengat. Soekarno adalah orang yang berjasa dalam melenyapkan tandusnya Padang Arafah.

 

Ide itu muncul lantaran saat berhaji Bung Karno merasa kepanasan di Arafah. Hingga akhirnya, ia mengusulkan agar tempat tersebut ditanami pepohonan.

 

Pohon-pohon Soekarno di Arafah [Image Source]Padang Arafah (BOOMBASTIS.COM)

 

Para petinggi Arab biasanya keras dan teguh pendirian, namun ketika yang mengatakannya adalah seorang Soekarno, mereka pun menuruti. Hingga hari ini pohon-pohon Soekarno itu pun tumbuh subur dan meluas merindangi Arafah.

 

Siapa sangka jika seorang Soekarno juga punya jasa yang besar di dunia internasional, bahkan secara khusus juga berjasa bagi umat Muslim dunia.

 

Sumber: BOOMBASTIS.COM