Aktual, Independen dan Terpercaya

Archandra Tahar Bakal Kembali Jabat Menteri ESDM?

Archandra-Tahar2.jpg
(BBC INDONESIA)

RIAU ONLINE - Presiden Joko Widodo mengatakan telah mengantongi beberapa kandidat yang akan mengisi posisi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Di antaranya termasuk nama Archandra Tahar, Menteri ESDM sebelumnya.

 

"Sudah ada beberapa nama termasuk Pak AT (Arcandra Tahar), tapi belum kita putuskan," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, dilansir dari Liputan6.com, Jumat, 14 Oktober 2016.

 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku tengah menunggu waktu yang tepat untuk mengangkat menteri ESDM yang baru. "Segera secepatnya, tapi sampai saat ini belum," imbuh dia.

Baca Juga: Apakah Archandra Akan Kembali ke Amerika atau Tetap di Indonesia?

 

Selain Archandra, nama lain yang muncul di antaranya yang juga berasal dari kalangan profesional, seperti Dirut Pertamina Dwi Sucipto. Kabar lain menyebutkan bahwa kursi menteri ESDM akan diisi orang parpol.

 

"Saya pastikan profesional, bukan dari partai," tegas Jokowi.

 

Sebelumnya, Ketua Tim Ahli Wakil Presiden, Sofjan Wanandi juga mengatakan dari sejumlah nama yang beredar, Archandra Tahar masih menjadi nama yang paling kuat diusulkan di kalangan Istana untuk kembali memimpin Kementerian ESDM, selah tersandung kasus dwi kewarganegaraan.

 

"Memang ada yang mengusulkan Arcandra kembali, aktivis (pengamat) perminyakan. Tapi nama yang paling kuat Arcandra," ucap Sofjan, 4 Oktober 2016.

Klik Juga: Begini Curhatan Archandra Usai Diberhentikan sebagai Menteri ESDM

 

Sayangnya saat dikonfirmasi lebih jauh, Sofjan enggan membocorkan nama-nama yang masuk dalam bursa calon Menteri ESDM.

 

"Menteri ESDM definitif mendesak, terlalu lama (kosong) juga tidak baik. Tapi tergantung Presiden, terserah Presiden mau memilih siapa," jelas Sofjan.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline