Tahukah Anda, Indonesia Punya 8 Julukan yang Mendunia

BENDERA.jpg
(INTERNET)
ombudsman

RIAU ONLINE - Indonesia merupakan negara kepulauan dengan beragam kekayaan alamnya. Tak hanya itu, Indonesia juga kaya akan keberagaman tradisi.

 

Sebab itu, banyak julukan yang sematkan kepada Indonesia. Lalu, apa saja julukan yang diberikan negara lain untuk Tanah Air?

 

Negara Maritim

Indonesia dijuluki disebut sebagai negara maritim karena wailyah perairan yang dimiliki Indonesia sangat luas.

 

Negara Seribu Pulau

Indonesia memiliki ribuan pulau. Julukan negara seribu pulau semakin mempertetas bahwa Indonesia adalah negara dengan jumlah terbanyak di dunia.

 

Tanah Surga

Indonesia dianugerahi tanah yang subur. Sebab itu berbagai macam tanaman yang mudah tumbuh di bumi pertiwi ini. Hal ini membuat negara-negara yang kagum akan Indonesia menyematkan julukan Indonesia sebagai Tanah Surga.

 

Zamrud Khatulistiwa

Julukan ini disematkan kepada Indonesia karena letak geoografisnya yang dilintasi oleh gariss khatulistiwa berhias pemandangan alam yang sangat hijau bagaikan zamrud.

 

The Big Moslem Population

Julukan ini diberikan oleh orang muslim dunia kepada Indonesia karena kekaguman mereka terhadap jumlah pemeluk agama islam di indonesia yang sangat mayoritas.

 

Paru-paru Dunia

Amerika Serikat dan Singapura beberapa kali mmemberikan julukan ini kepada Indonesia, melihat pulau Kalimantan sebagai hutan yang harus dilindungi karena fungsinya sebagai penyangga paru-paru dunia.

 

Namun jika melihat kondisi hutan Kalimantan yang sekarang sudah banyak yang beralih fungsi, apakah julukan paru-paru dunia bagi Indonesia masih berlaku?

 

Negara Nyiur

Sebagai negara kepulau, Indonesia banyak ditumbuhi pohon-pohon kelapa atau disebut Nyiur. Sebab itu, Indonesia disebut juga sebagai negara Nyiur.

 

Negara Megabiodiversitas

Keanekaragaman flora dan fauna yang hidup di Indonesia tenyata menuai decak kagum para peneliti dunia. Banyak spesies langka yang dapat tumbuh di tanah Indonesia, seperti anggrek hitam, rafflesia arnoldi, sampai bunga spesies purba dan spesies langka seperti komodo. Hal ini membuat Indonesia dijuluki sebagai negara Megabiodiversitas.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline

 

Sumber: Catatan Kecilku.net