Aktual, Independen dan Terpercaya

Begini Cara Ki Purbo yang Ngaku Mampu Gandakan Uang Kelabui Korbannya

Ki-Purbo.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)
Enoki Mall Pekanbaru Japanese restaurant shabu-shabu, sushi dan Grill

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bermodalkan jejaring sosial, Facebook pribadinya, APK atau dikenal dengan nama Ki Purbo Lalang Jati (35) mengaku mampu menggandakan uang dari Rp5 juta menjadi Rp300 juta.

 

"Promosi usahanya ini yang paling membuat orang tertarik lewat media sosial Facebook," ucap Kapolresta Pekanbaru, AKBP Tony Hermawan, disela-sela pengungkapan kasus penipuan uang, Senin, 10 September 2016.

 

Bahkan, menurut Tony, peminatnya berasal dari luar Provinsi Riau seperti Sulawesi, Jakarta, Tasik Malaya, Jawa Barat, Duri dan Pekanbaru. Menurut Tony, Ki Purbo telah menggeluti usaha tipu menipu ini sejak April 2016 lalu

 

"Tapi kalau usaha praktek alternatif dan pijat, sudah digelutinya sejak tahun 2015 silam. Kemudian April 2016 dia buka menu baru yaitu pengasihan dan pesugihan," katanya.

 

Ki Purbo mengelabui korbannya dengan cara membuat cerita-cerita palsu, seperti bahwa di alam goib terdapat bank yang dikelola oleh bangsa setan dan jin.

 

"Jadi modusnya bahwa dia menarik konsumennya seolah-olah ada bank goib dan dia menyampaikan bahwa didalam sana banyak uang yang dikelola bangsa jin dan dengan ritual tertentu uang itu bisa diambil. Sehingga korban tertarik memberikan sejumlah uang dan mahar,"imbuhnya.

 

Sementara untuk korban yang mengaku telah di tipu Ki Purbo baru berjumlah satu orang dengan kerugian mencapai Rp63 juta. Tidak tertutup kemungkinan, kata Tony, korban-korban lainnya akan terus bertambah, mengingat dari hasil kerjanya itu dia mampu membayar uang muka kendaraan roda empat dalam jumlah dua unit sekaligus.

 

Akibat aksinya, tersangka saat ini harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di balik jeruji besi sesuai 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman kurungan empat tahun penjara.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline