Kapolda Riau Prioritaskan Penumpasan Illegal Logging

Ilustrasi-Illegal-Logging.jpg
(COVESIA.COM)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau, Brigjen Pol Zulkarnain akan prioritaskan tangani kejahatan penebangan liar (Illegal logging) sebagai penanggulangan kejahatan lingkungan yang selalu sebabkan kebakaran lahan di Riau.

 

Zulkarnain mengatakan penumpasan illegal logging ini akan terus ia lakukan selama ia bertugas di Riau. Pemberian prioritas lebih ini disebabkan Zulkarnain sangat kesal dengan perbuatan mereka yang akibatkan bencana asap. "Saya sebetulnya sangat gregetan dengan para pelaku illegal logging ini," kata Zulkarnain usai hadirin kunjungan Menteri Dalam Negeri di Kantor Gubernur Riau, Kamis, 6 Oktober 2016.

 

Ia telah memerintahkan kepada seluruh jajaran yang ada di bawahnya untuk memberantas kejahatan lingkungan ini. Dirinya meminta kepada seluruh Kapolres untuk membangun kerja sama dengan Komando Distrik Militer (Kirim) dan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) setempat.

Baca Juga: DPRD Riau: Sekitar 2,2 Juta Hektare Lahan Hutan Riau Dibabat Secara Ilegal

 

"Ini untuk memudahkan penindakan dan supaya pengejaran dapat maksimal dilakukan," imbuh Zulkarnain.

 

Pengejaran akan dilakukan bukan hanya para penebangnya saja, melainkan juga pada pengangkut dan utamanya pada para cukong yang menampung hasil kejahatan illog tersebut. Apalagi kebanyakan penebang adalah masyarakat tempatan yang dibayar oleh cukong yang memiliki modal untuk menjualnya.

 

"Kebanyakan adalah masyarakat lokal. Makanya kita akan kejar cukongnya. Sampai manapun akan kami kejar sampai mereka pergi dari negeri Riau ini," tandasnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline