Inilah Kecelakaan Pesawat yang Jadi Misteri

Trans-World-Airlines-800.jpg
(DW.COM/PICTURE-ALLIANCE/DPA)

RIAU ONLINE - Sejarah penerbangan mengungkap ratusan pesawat terbang mengalami kecelakaan atau hilang.

 

Sebagian dapat ditemukan kembali dalam bentuk puing-puing, namun sebagian lenyap tak berjejak. Sedangkan penyebab sebagian kecelakaan tetap menjadi misteri.

 

Berikut adalah kecelakaan pesawat yang menggemparkan publik:

 

Amelia Earhart

Pada 1937, pionir penerbangan AS Amelia Earhart dan navigatornya Fred Noonan hilang dalam penerbangan di atas Samudra Pasifik. Saat itu, pesawat terbang keliling dunia melintasi Equador.

 

AP Iconic Images Amelia Earhart

Foto: DW.COM/AP

 

Komunikasi radio terakhir menyebutkan bahwa pesawat kehabisan bahan bakar. Hingga kini, reruntuhan pesawat beserta awaknya tidak ditemukan.

 

Flying Tiger Line

 

Pesawat Superconstellation milik maskapai penerbangan AS Fliying Tiger Line hilang pada 1962. Saat itu, Flying Tiger Line yang mengangkut 107 serdadu Amerika itu terbang dari Filipina menuju Vietnam.

 

Flying Tiger Line

Foto: DW.COM/PICTURE-ALLIANCE/DPA

 

Puluhan kapal kemudian dikerahkan dalam misi pencarian intensif di Samudera Pasifik. Tapi hingga kini, pesawat tidak ditemukan.

 

Merpati Twin Otter

 

Merpati Twin Otter

Foto: DW.COM/PICTURE-ALLIANCE/DPA

 

Pesawat terbang jenis Twin Otter milik Merpati Nusantara terbang mengangkut 15 penumpang hilang saat terbang di kawasan perairan timur pada 1995. Hingga kini, bangkai pesawat tak kunjung ditemukan dan menjadi misteri.

 

Trans World Airlines 800

 

Insiden jatuhnya pesawat terbang Boeing 747 milik Trans World Airlines dengan nomor penerbangan 800 terjadi pada 17 Juli 1996 juga menyisakan misteri.

 

TWA-Flug 800

Foto: DW.COM/PICTURE-ALLIANCE/DPA

 

Pesawat yang mengangkut 230 penumpang meledak dan jatuh ke Samudera Atlantik sesaat setelah lepas landas. Semua penumpang dinyatakan tewas.

 

Tak diketahui penyebab pasti meledaknya pesawat itu. Beragam versipun dilontarkan, mulai terjangan rudal hingga meledaknya tangki bahan bakar pesawat.

 

Adam Air 574

 

Pesawat Boeing 737 milik Adam Air dengan nomor penerbangan 574 hilang dalam penerbangan dari Surabaya ke Manado, 1 Januari 2007.

 

Adam Air Flugzeug auf Soekarno Hatta Airport in Tangerang, Indonesien

Foto: DW.COM/PICTURE-ALLIANCE/DPA

 

Pecahan pesawat ditemukan beberapa hari kemudian dan Kotak Hitam berhasil di angkat setelah 9 bulan kemudian. Namun, badan pesawat dan jenazah 102 penumpang tetap berada di dasar lautan.

 

Air France 447

 

Pesawat Air France 447 adalah pesawat milik Air France. Air France 44 berpenumpang 228 orang jatuh ke Samudera Atlantik saat melakukan penerbangan dari Rio de Janerio menuju Paris, pada i Juni 2009.

 

Brasilien Frankreich Absturz Air France AF 447 Flugzeugkatastrophe

Foto: DW.COM/DAPD

 

Sejumlah pecahan pesawat ditemukan setelah beberapa hari kemudian. Namun, badan pesawat ditemukan pada April 2011 di kedalaman 4.000 meter. Penyebab kecelakaan pesawat karena masalah teknis dan kesalahan pilot.

 

Malaysia Airlines MH 370

 

Pesawat terbang Boeing 777 milik Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 hilang dari radar pada 8 Maret 2014. Ketika itu, pesawat terbang di jalur Kuala Lumpur menuju Beijing.

 

Boeing der Malaysia Airlines

Foto: DW.COM/PICTURE-ALLIANCE/DPA

 

Hingga kini, pencarian pesawat yang mengangkut 239 penumpang itu masih dilakukan mulai dari perairan Vietnam hingga Samudera Hindia

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline

 

Sumber: DW.COM