Aktual, Independen dan Terpercaya


Negara Lain Perkuat Militer, 8 Negara Ini Justru Tak Punya Militer

Paskhas-TNI-AU.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/RIZKI KURNIAWAN)
ombudsman

RIAU ONLINE - Kekuatan militer dianggap sebagai pondasi negara agar negara dapat berdiri kokoh di atas negara lainnya. Sebab itu, keberadaan kekuatan militer adalah bagian yang sangat penting bagi sebuah negara.

 

Di saat negara-negara di dunia membangun kekuatan militernya, ternyata tidak semua negara bergantung pada keberadaan militer. Ada negara yang tidak memiliki kekuatan militer. Berikut negara yang tidak memiliki kekuatan militer.

 

Costa Rica

 

Costa Rica adalah negara yang memiliki konstitusi negara di Kepulauan Karibia, Amerika Tengah. Negara ini melarang pemerintahannya untuk memiliki militer sejak 1949. Kini, Costa Rica jadi lokasi Universitas PBB untuk perdamaian dunia.

 

Liechtenstein Sejak 1868 negara kecil yang berada di tengah Eropa ini membubarkan militernya karena alasan finansial. Di masa perang Liechtenstein memberikan izin untuk membetuk pasukan, tapi ternyata perang tak pernah terjadi.

 

Liechtenstein negara penghasil produk domestik bruto per kapita kedua terbesar di dunia setelah Qatar.

Baca Juga: Kemampuan Denjaka TNI AL Tanggulangi Terror Bikin Singapura dan Brunei Takjub

 

Samoa

 

Sejak menyatakan kemerdekaannya dari Selandia Baru pada 1962, Samoa memilih untuk tidak bergantung pada kekuatan militer untuk menjaga perdamaian di negaranya.

 

Namun tak memiliki kekuatan militer bukan berarti negara ini tak memiliki perlindungan. Selandia Baru berjanji akan turun tangan mempertahankan negara Kepulauan yang terletak di bagian barat kepulauan Samoa, di Samudera Pasifik ini jika dibutuhkan.

 

Andorra

 

Andorra adalah sebuah negara kecil di Eropa yang berdiri sejak tahun 1278. Negara ini tidak memiliki militer sendiri, tapi mereka mendapat perlindungan dari Spanyol dan Perancis.

 

Spanyol dan Perancis berjanji akan melindungi Andorra jika di perlukan. Negara ini hanya memiliki luas 468 kilometer persegi, artinya lebih kecil dibandingkan Jakarta yang luasnya 661,5 kilometer persegi.

Klik Juga: Hebat, Begini Ketangguhan Pasukan Elite Marinir

 

Tuvalu

 

Memiliki luas yang hanya 26 kilometer persegi dan penduduk hanya 10.000 orang. Tuvalu, negara kepulauan di Samudera Pasifik ini merasa tidak butuh kekuatan militer. Namun, Tuvalu adalah negara anggota Commonwealth yang berbentuk monarki parlementer.

 

Vatikan

 

Vatikan adalah negara yang terletak di Ibukota Italia, Roma. Negara ini adalah negara terkecil di dunia dengan luas hanya 0,44 kilometer persegi, dan penduduknya hanya 840 orang.

 

Dengan demikian negara ini menjadi negara dengan penduduk paling sedikit di dunia. Hal ini membuat Vatikan merasa tak membutuhkan kekuatan militer.

Lihat Juga: Beratnya Latihan Pasukan Raider TNI AD Bikin Militer AS Kebingungan

 

Grenada

 

Grenada juga merupakan negara yang tidak memiliki kekuatan militer. Dengan luas 344 kilometer persegi dan populasi 105.000 jiwa, negara ini terdiri dari satu pulau.

 

Negara yang terletak di antara Karibik dan Samudera Atlantik ini adalah negara monarki konstitusionla dan juga anggota Commonwealth.

 

Nauru

 

Negara pulau ini terletak di samudera Pasifik. Luasnya 21,10 kilometer persegi, dan penduduknya berjumlah sekitar 10.000. Nauru termasuk dalam kepulauan Mikronesia.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline

 

Sumber: DW.COM