Aktual, Independen dan Terpercaya


Gusur Pedagang Kaki Lima, Pemko Pekanbaru Sulap Jadi Wisata Kuliner Malam

Pasar-Senapelan-Pekanbaru.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ULTI DESI ARNI)
ombudsman

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru ingin menyulap lokasi bekas berdagangnya Pedagang Kaki Lima yang berada di Jalan Seroja, dan Teratai, Pekanbaru, menjadi tempat wisata kuliner malam. 

 

 

‎"Jadi nantinya tempat itu akan dijadikan lokasi wisata malam seperti pusat kuliner. Pokoknya kesannya klasik," kata Asisten I Sekretariat Kota Pekanbaru, Azwan, Senin, 19 September 2016, di sela-sela penyambutan Jemaah Haji asal Pekanbaru, di Kantor Kementerian Agama Kota. 

 

‎Nantinya, lokasi itu sebelum bersih dan steril dari PKL tersebut, merupakan tempat pejalan kaki atau trotoar dijadikan lapak-lapak oleh pedagang. Padahal, tempat tersebut peruntukkannya bukan untuk berdagang.

 

Baca Juga: Kangen Ibu, Ini Cara Bocah Pembunuh 3 Kali Berhasil Kabur dari Lapas

 

"Jadi setelah kita bersihkan semua fasilitas seperti lampu jalan, taman-taman dan lainnya rusak akibat PKL di sana," kesalnya.

 

Sebelumnya puluhan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pekanbaru dikawal aparat penegak hukum lainnya membersihkan lapak-lapak pedagang ilegal Senin dini hari, sekitar pukul 02.00 hingga 05.00 WIB.

 

Lokasi menjadi sasaran penertiban tersebut adalah Pasar Kodim, Jalan Teratai dan Seroja.‎ Aksi tersebut tidak mendapatkan perlawanan berarti dari pedagang ataupun pemuda setempat.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline