Aktual, Independen dan Terpercaya

Heboh, Secara Misterius Air Sungai Ini Berubah Jadi Merah darah

Air-Sungai-Merah-Darah.jpg
(THE GUARDIAN)

RIAU ONLINE - Air Sungai Daldykan yang melintasi Kota Norilsk berubah menjadi merah darah secara misterius. Kabar ini menjadi viral dan membuah pengguna media heboh dengan beredarnya foto-foto air sungai yang telah berubah warna tersebut.

 

Beberapa netizen menduga perubahan warna air sungai disebabkan oleh zat logam yang terkandung dalam tanah. Namun, beberapa juga meyakini bahwa penyebabnya adalah limbah industri.

 

Sungai Daldykan memang dekat dengan pabrik metalurgi di Nadeszha yang dioperasikan oleh Norilsk Nickel, produsen nikel dan paladium terbesar di dunia.

 

Dalam hal ini, pemerintah Rusia telah memerintahkan pihak terkait untuk menyelidiki adanya kemungkinan bahwa pipa pembuangan limbah nikel yang di produksi Norilsk telah merubah warna air sungai di kota Arctic itu.

 

The red Daldykan river in Norilsk, Russia

THE GUARDIAN/FACEBOOK

Perubahan Air Sungai yang berwarna merah darah 

 

Kementerian Sumber Daya dan Lingkungan Alam Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Rabu, 7 September 2016, kemarin bahwa pihaknya tengah menyelidiki keluhan akibat polusi kimia yang tidak diketahui penyebabnya, mungkin disebabkan oleh "limbah pada pipa Norilsk Nickel".

 

Sementara, Norilsk Nickel membantah telah menumpahkan limbah industri ke sungai Daldykan. "Warna sungai saat ini tidak berbeda dari kondisi sebelumnya," kata pihak pabrik Norilsk Nickel kepada media negara RIA Novosti, melansir dari The Guardian, Kamis, 8 September 2016.

 

Pihak perusahaan mengaku untuk sementara tengah mengurangi pekerjaan manufaktur untuk memantau situasi.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline