Aktual, Independen dan Terpercaya

Men PAN-RB: Sudah Saatnya Studi Tiru, Bukan Studi Banding

Menteri-Asman-Abnur.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Asman Abnur mengatakan sudah saatnya para Pemerintah daerah untuk tidak melakukan lagi studi banding, melainkan studi tiru.

 

Menurut Asman, untuk memotivasi daerah lain dengan prestasi yang mampu diraih oleh pemerintahan daerah.



"Makanya untuk saat ini Pemerintahan didaerah sudah saatnya melakukan studi tiru bukan studi banding lagi," ucapnya di Pemprov Riau, Rabu, 7 September 2016.

 

Pasalnya, Menteri Asman begitu puas dengan kinerja pelayanan publik Pemprov Riau yang secara tidak langsung juga menjadi penilaian bagus untuk pemimpin daerah Riau, Arsyadjuliandi Rachman.

Baca Juga: Riau Akan Jadi Model Percontohan Pelayanan Publik Bagi Daerah Lain

 

"Nanti dengan sendirinya di kemeterian lainnya akan terpacu. Satu daerah yang pelayanan publiknya bagus nanti tetangganya akan lebih terpacu lagi. Didorong lagi dengan penilaian kinerja yang dijadikan dasar penilaian para pemimpin di daerahnya masing-masing," tambahnya.

 

Menteri Asman berharap kinerja pelayanan publik Pemprov Riau dapat ditiru oleh daerah-daerah lainnya. "Jadi dengan cara begini otomatis cepat menularnya ke daerah-daerah lain. Jadi itu sasaran kami bagaimana percepatan penularan sistem pelayanan publik yang bagus. Kalau kita menciptakan lagi sendiri-sendiri kan lama,"tutupnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline